Ikut Rakor Persiapan Verifikasi Parpol, Kifli Sahlan : Bawaslu Siap Awasi

KBRN, Ternate: Bawaslu Kota Ternate, Sabtu, (25/6/2022) lalu mengikuti rapat koordinasi (Rakor) persiapan tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik sebagai peserta pemilu tahun 2024. 

Rakor yang berlangsung di aula Waterboom Ternate ini diinisiasi oleh KPU Kota Ternate, dihadiri pimpinan KPU dan Bawaslu serta sejumlah Partai Politik di Kota Ternate.

Ketua KPU Kota Ternate, M. Zen A Karim mengatakan, tahapan Pemilu Tahun 2024 telah dimulai pada 14 Juni 2022. Berdasarkan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024, proses pendaftaran peserta pemilu akan dimulai pada 29 Juli 2022.

Anggota KPU Kota Ternate, Mu’minah Daeng Barang saat memaparkan materi Helpdesk Aplikasi Sipol menjelaskan, pihaknya akan menggunakan aplikasi Sipol untuk melayani partai politik calon peserta pemilu melakukan pendaftaran.

“Setiap Partai Politik calon peserta pemilu yang akan mengikuti kontestasi Pemilu Tahun 2024 akan diakomodir melalui aplikasi Sipol ini ,”ujarnya.

Sementara itu menurut Kuad Suwarno, Anggota KPU Kota Ternate lainnya, terkait penggunaan aplikasi Sipol. Selain Parpol peserta pemilu, Bawaslu juga mempunyai hak untuk mengakses aplikasi Sipol.

“Bawaslu juga memiliki kewenangan untuk mengawasi proses pendaftaran dan verifikasi Partai Politik.  Sipol juga dapat diakses oleh Bawaslu, karena menurut UU Bawaslu mempunyai kewenangan atributik dalam pengawasan proses pendaftaran dan verifikasi partai politik ,” ungkap Kuad

“Saya berharap semua Partai Politik yang hadir bisa lulus verifikasi administratif dan faktual sehingga bisa mengikuti kontestasi Pemilu 2024,” tambahnya mengingatkan.

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan menegaskan, Bawaslu pada prinsipnya selalu melakukan pengawasan setiap tahapan, termasuk proses verifikasi Parpol calon peserta pemilu. 

“Bawaslu Kota Ternate akan mengawasi setiap proses pendaftaran dan verifikasi Partai Politik calon peserta pemilu dan siap apabila ada hal yang disengketakan nantinya,” tegas Kifli. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar