Malut Ditawarkan Jadi Lokasi Prakualifikasi PON 2023 Cabor Binaraga

Ketua Umum Persatuan Binaraga dan Fitness Indonesia (PBFI), Irwan Alwi (Dok: Istimewa)

KBRN, Ternate: Ketua Umum Persatuan Binaraga dan Fitness Indonesia (PBFI), Irwan Alwi menawarkan Maluku Utara (Malut) menjadi tuan rumah pelaksanaan prakualifikasi PON di 2023 mendatang untuk cabang olahraga (Cabor) binaraga.

"Kita menawarkan, bila memungkinkan tahun 2023 pada prakualifikasi PON Aceh-Sumut kota lakukan di Malut," ungkap Ketua PBFI pusat, Irwan Alwi saat technical meeting dengan semua atlet pada gubernur open Body Fitness Malut ke-2 tahun 2021 di Jatiland Mall Ternate, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Event Body Fitness, Ketua PBFI Pusat Harap Malut Bersaing di PON 2024

Menurutnya, dengan prakualifikasi PON di Malut, para atlet binaraga khususnya di Malut akan bisa tampil di PON untuk membawa nama daerah.

"Yang namanya binaraga tentunya membutuhkan protein dan asupan makanan yang cukup, dan di Malut masih mempuni untuk kita membina atlet kedepan," katanya.

Sementara ketua PBFI Malut, Hasyim Daeng Barang saat dikonfirmasi terkait dengan tawaran prakualifikasi PON 2023 di Malut menyambut baik tawaran tersebut.

Baca juga: Dua Negara dan 10 Provinsi Terdaftar di Event Body Contest PBFI Malut

Hanya saja menurutnya, tawaran untuk prakualifikasi PON di Malut masih akan dilaporkan ke gubernur.

"Nanti kita laporkan ke gubernur soal tawaran itu, karena tentunya peran pemerintah daerah sangat penting," jelasnya.

Baca juga: Dapat Dukungan Kapolri dan Panglima, Event Body Contest PBFI Malut Siap Digelar

Lebih lanjut menurutnya, untuk ambil tawaran sebagai provinsi pelaksanaan prakualifikasi PON tidak mudah, karena Malut akan menjadi fokus semua provinsi. 

"Biar pelaksanaan PON di Aceh-Sumut tapi prakualifikasi di Malut makanya semua perhatian akan ke sini, dan ini tentunya kita harus siapkan semuanya dengan baik, karena itu bukan kelas fitness tapi itu kelas binaraga yang sekelas wao," ujarnya.

Hasyim mengaku, jika tawaran ini berhasil diambil tentunya ini akan menjadi pintu masuk atlet Malut untuk bisa lolos di PON mendatang.

"Pastinya kalau ini jadi, harapan kita agar ada atlet kita yang lolos di PON khususnya di cabang olahraga binaraga," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar