Event Body Fitness, Ketua PBFI Pusat Harap Malut Bersaing di PON 2024

Juri Open Body Fitness Gubernur Malut ke-2 saat Menggelar Technical Meeting (Dok: Istimewa)

KBRN, Ternate: Sejumlah atlet binaraga Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua hingga atlet persiapan Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) ikut ambil bagian dalam event gubernur Open Body Fitness ke-2 tahun 2021.

Kegiatan yang digelar Persatuan Binaraga dan Fitness Indonesia (PBFI) Provinsi Maluku Utara (Malut) tersebut, merupakan event bergengsi ke-2 di Malut karena selain atlet Nasional maupun Internasional, juga diikuti oleh atlet mancanegara dari perwakilan Pakistan serta 10 Provinsi di Indonesia.

Ketua Umum PBFI, Irwan Alwi saat dikonfrimasi RRI usai technical meeting dengan semua atlet di Jatiland Mall Ternate, Jumat (3/12/2021) mengatakan, event Body Fitness piala gubernur Malut ke-2 ini mendapat dukungan penuh dari PBFI pusat.

Menurutnya, atlet SEA Games yang ikut ambil bagian dalam event Body Fitness di Malut sesuai aturan tidak dibenarkan karena event ini untuk memberikan ruang kepada atlet-atlet muda terutama yang ada di Malut.

"Atlet SEA Games itu tidak dibolehkan karena mereka adalah atlet yang kita usulkan makanya sesuai aturan tidak dibenarkan," ungkapnya.

Baca juga: Dua Negara dan 10 Provinsi Terdaftar di Event Body Contest PBFI Malut

Menurutnya, event Body Fitness di Malut ini merupakan pintu masuk bagi para atlet di Malut untuk dapat bersaing pada PON 2024 mendatang di Aceh-Sumut.

"Dengan semangat ketua PBFI Malut Hasyim ini, tentunya bisa menjadi pintu masuk generasi muda Malut di PON mendatang," akunya.

Para Peserta Body Fitness saat Mengikuti Technical Meeting di Mall Ternate (Dok: Istimewa)

Untuk atlet Palestina lanjut Irwan, merupakan atlet fitnes yang sudah mengikuti beberapa event termasuk di Malaysia dan kali ini di Malut.

"Kehadiran atlet dari mancanegara ini merupakan satu hal yang positif dan semoga kedepan ada event binaraga Nasional yang digelar di Malut," katanya.

Baca juga: Dapat Dukungan Kapolri dan Panglima, Event Body Contest PBFI Malut Siap Digelar

Sementara itu ketua PBFI Malut, Hasyim Daeng Barang dalam kesempatan tersebut mengatakan, dari daftar yang diterima hingga hari ini, sudah tercatat 10 Provinsi dan 1 Negara dari Palestina yang sudah terdaftar untuk event Body Fitness gubernur ke-2 tahun 2021.

"Jumlah pesertanya tahun lalu dengan tahun ini, tahun ini lebih banyak berjumlah 200 peserta lebih dari berbagai Provinsi dan mancanegara, awalnya ada dua negara tapi sampai saat ini hanya dari Palestina saja sementara dari Uzbekistan belum berkesempatan ikut," tuturnya.

Dengan event ini menurut Hasyim, PBFI Malut akan melakukan pembinaan kepada para atlit Malut dalam menghadapi pra kualifikasi PON di 2023 mendatang.

"Mempersiapkan atlet itu butuh waktu, support materiil dan segala macam, jadi ini langkah untuk benar-benar dipersiapkan sejauh hari, karena anak-anak yang punya potensi, saya akan bimbing," ucapnya.

Hasyim yang juga Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Malut juga menegaskan, event Body Fitness di Malut ini sangat penilaian sangat ketat karena penilaiannya menghadirkan 7 juri Nasional dan juri lokal.

"Penilaiannya pasti ketat, karena 6 juri Nasional ini merupakan juri yang sudah mempunyai lisensi dan juga merupakan juri pada pelaksanaan PON kemarin, ditambah dengan saya selaku juri lokal," ujarnya.

Acim juga mengemukakan, dalam event ini, PBFI juga menggelar vaksin sekaligus pembagian sembako kepada peserta vaksin sebagai langkah untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi di daerah ini.

"Ini bentuk dukungan kita kepada pemerintah dalam situasi Pandemi Covid-19," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar