Pengalihan Anggaran Sebabkan Sejumlah Fasilitas Sport Hall Masih Minim

Sport Hall Ternate (Dok. Sukur Lukman/Beritamalut.co)

KBRN, Ternate: Meskipun akan menggelar Kejuaraan Karate dalam waktu dekat ini, namun fasilitas di dalam Sport Hall, Kelurahan Ubo-Ubo Ternate belum sepenuhnya siap menggelar event olahraga indoor di Ternate.

Hal itu karena beberapa fasilitas penunjang untuk cabang olahraga seperti Bola Volly dan Basket belum sepenuhnya tersedia akibat pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19.

"Kegiatan olahraga seperti Volly dan Basket belum memungkinkan untuk digelar karena fasilitas pendukungnya belum kita siapkan," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate, Sutopo Abdullah, Rabu,(9/5/2021).

"Sesungguhnya dari sisi perencanaan dan pembiayaan sudah kita siapkan tetapi karena pandemi Covid-19 dan anggarannya dialihkan maka fasilitas yang telah direncanakan itu belum bisa tersedia," sambungnya.

Pasalnya, pada awal 2020 lalu Pemerintah Kota Ternate melalui Dispora sudah mengalokasikan anggaran untuk Sport Hall Rp1,3 miliar, nilai itu menurut Sutopo karena ada beberapa rincian perlengkapan di Sport Hall yang masih mengalami kendala terutama fasilitas pendukung yang belum tersedia secara menyeluruh.

"Fasiltas pendukung memang kita belum miliki karena perencanaan kita bahwa seluruh kelengkapan olahraga di Sport Hall akan dibuat portable, dan ada beberapa cabor yang sesungguhnya kita sudah siapkan di tahun 2020 lalu namun lagi-lagi karena Covid-19 sehingga itu belum terealisasi," ujarnya.

Namun, menurut Sutopo, untuk jenis cabor lain seperti beladiri  sudah bisa memanfaakan Sport Hall, dan ke depannya khusus kejuaraan indoor pihaknya mendorong agar seluruhnya dipusatkan di Sport Hall.

"Nanti setelah Dinas PUPR menyerahkan pengelolaan Sport Hall ke Dispora, maka kami berencana dengan KONI  KotaTernate sama-sama mengelolanya sehingga kemudian dapat dimanfaatkan oleh teman-teman olahragawan atau cabor yang memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan olahraga," ujarnya.

Tahun ini Dispora akan berkoordinasi dengan Pemkot Ternate maupun pihak swasta agar fasilitas untuk beberapa cabor di Sport Hall dapat segera tersedia, sehingga ke depan Ternate akan siap menyambut event-event berskala nasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00