12 Cabor Dari Maluku Utara Terancam Tidak Dapat Ikut PON XX Papua

KBRN, Ternate : Pengurus 12 cabang olahraga mengancam tidak akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 yang akan berlangsung tanggal 5 sampai 11 Oktober 2021 mendatang di Papua.

Hal itu diungkapkan pengurus 12 cabang olahraga dalam rapat bersama KONI Provinsi Maluku Utara, karena sampai saat ini dana hibah belum juga dicairkan Dispora Provinsi Maluku Utara.

Padahal KONI Provinsi Maluku Utara telah mengajukan dana untuk PON dan telah disetujui baik oleh DPRD maupun Pemda Maluku Utara yang dananya melalui hibah dan berada di Dispora.

Ketua Umum KONI Provinsi Maluku Utara H. Djafar Umar kepada RRI Sabtu (5/6/2021) mengatakan, dalam rapat bersama 12 cabang olahraga telah menyampaikan ke KONI jika anggaran TC kampus tidak cair mereka tidak akan ikut PON.

Dana hibah yang sudah disetujui Pemerintah Provinsi Maluku Utara saat ini dimasukan dalam kegiatan Dispora sehingga dikelola oleh Dispora tidak diserahkan kepada KONI, padahal menjelang Idul Fitri lalu KONI telah mengajukan pencairan sesuai dengan persyaratan, namun dana untuk honor tidak dapat dicairkan, sehingga KONI mengambil dari dana rutin untuk diberikan honor satu bulan kepada atlit.

”Kami sudah mengajukan kebutuhan anggaran untuk persiapan PON melalui dana hibah dan dana itu berada di Dispora yang seharusnya diserahkan ke KONI untuk mengelola, namun saat ini dana tersebut dibuat menjadi kegiatan di Dispora, sehingga tidak cair,” Ungkap H. Djafar Umar.

Menyinggung mengenai dana untuk TC kampus yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini kata H. Djafar Umar, saat ini ada di kegiatan Dispora bukan dihibahkan.

Padahal harusnya diserahkan sebagai dana hibah ke KONI, sehingga dapat diberikan kepada masing-masing cabang olahraga setelah selesai dibuat pertanggung jawaban oleh cabang olahraga dan jika masuk dalam kegiatan Dispora pihak KONI tidak tahu mekanismenya.

Pengurus 12 cabang olahraga berharap ada kejelasan dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara untuk anggaran TC maupun keberangkatan, sehingga tidak akan menyusahkan para atlit yang sudah berjuang membawa nama Maluku Utara sehingga dapat lolos untuk berlaga di PON papua nanti.

Jika tidak ada kejelasan 12 cabang olahraga yang akan berlaga di PON Papua sudah berkomitmen untuk tidak akan berlaga di PON XX Papua pada Oktober 2021 mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00