HUT ke 2 GenPi Halbar dan Pasar Teluk, Sajikan Kontemporer Asli Halbar

Tarian Soya-soya pada HUU GenPi Halbar dan Pasar Teluk
PJS Bupati Halbar, M Risal Ismail dan Kadis Pariwisata Halbar, Fenny Kiat

KBRN, Jailolo:  Berbagai atraksi seni budaya turut meramaikan malam puncak perayaan dua tahun Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Halmahera Barat (Halbar) dan Pasar Teluk, yang dilaksanakan dilokasi Festival Teluk Jailolo (FTJ), Rabu, (25/11/20) malam. 

Dalam perayaan HUT GenPi Halbar dan Pasar Teluk juga diramaikan dengan berbagai program ivent diantaranya Photo Competition, E-Sport Competition, Sharing Session Foto dan videographer. Ada juga Perform dari Komunitas seni serta Sanggar Tari tradisional yang ada di Kabupaten Halmahera Barat.

Ketua Genpi Halbar, M. Rahmat Abd Karim dalam sambutannya mengatakan perayaan hari jadi ke dua GenPi Halbar ini dikemas dalam tajuk Komunitas Pariwisata Go Digital.

"Spirit dies natalis GenPI Halbar yang ke dua tahun ini sebagai upaya pelestarian Pariwisata dan warisan budaya serta kuliner tradisional juga ini sebagai wadah promosi pelaku komunitas kreatif, seni, dan budaya di Kabupaten Halmahera Barat serta untuk mendorong tumbuhnya insdutri kreatif juga sebagai sarana informasi dan edukasi pariwisata dan budaya bagi masyarakat Halbar". Ujar Rahmat.

Sementara, Pjs. Bupati Halmahera Barat, M. Risal Ismail dalam sambutannya menyampaikan, kepada GenPi, baik Genpi Maluku Utara dan Genpi Halbar agar terus berkreasi untuk membuat event-event sebanyak mungkin jangan hanya mempromosikan saja, karena dilihat sudah ada beberapa event yang dibuat oleh anak-anak Genpi salah satunya event seperti ini yang merupakan benih baik Halmahera Barat.

"Event-event seperti ini jangan hanya berhenti di event ulang tahun saja, tapi Genpi harus menjadi lokomotif untuk menarik unsur lain yang berada di Halmahera Barat". jelasnya.

Risal juga berharap kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat untuk bisa memfasilitasi kegiatan masyarakat dan komunitas untuk menyelenggarakan event wisata seperti ini sehingga yang dimimpikan oleh pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat, Pariwisata menjadi leading sector untuk mengembangkan ekonomi masyarakat dan pengerak pembangunan di Halbar bisa diwujudkan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat, Fenny Kiat dalam sambutannya mengapresiasi kerja keras dan semangat anak-anak Genpi Halmahera Barat. 

"Walapun dimasa pandemi Covid-19 ini yang memiliki keterbatasan disegala lini, tapi hal ini tidak menyurutkan niat dan semangat mereka untuk tetap bersih keras untuk menggelar event perayaan HUT ke dua tahun Genpi halbar dan pasar teluk," tuturnya.

Perayaan Dies Natalis ke dua tahun GenPi Halbar dan Pasar Teluk itu juga dihadiri unsur Forkopimda Halbar dengan dilakukan pemotongan tumpeng bersama.

Acara perayaan tersebut ditutup oleh pertunjukan seni kontemporer asli Halmahera Barat yang sudah sangat terkenal dan telah go internasional, yaitu "Ekos dance company Cry Jailolo". Cry Jailolo merupakan karya seni dari sang Maestro "Eko Supriyanto" yang telah dipentaskan dibeberapa negara di Asia dan Eropa. (NM)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00