Peringatan HUT IBI Ke-71 di Tikep Diwarnai Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Ranting

Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen melakukan pemotongan tumpeng pada acara Ulang Tahun Ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Aula SMK Negeri 1 Tidore Kepulauan (Dok.Humas Tikep)

KBRN, Tidore : Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Tidore Kepulauan Selasa (5/7/2022) melaksanakan peringatan HUT IBI ke-71 Tahun 2022 sekaligus dirangkaikan dengan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Ranting Se-Kota Tidore Kepulauan.

Pelaksanaan kegiatan yang dihadiri Wakil Walikota Kota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen dengan tema Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju berlangsung di Aula SMK N 1 Soa-Sio.

Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Ranting Se-Kota Tidore Kepulauan sesuai Surat Keputusan Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonseia (IBI) Kota Tidore Kepulauan Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pengesahan Susunan Pengurus-pengurus Ranting Ikatan Bidan Indonesia Kota Tidore Kepualauan Masa Bakti 2018-2023.

Wakil Walikota pada kesempatan itu mengatakan. Bidan merupakan tenaga professional yang bertanggung jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan serta nasihat selama masa hamil, persalinan dan nifas, memfasilitasi dan memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir dan bayi.

Diharapkan bidan dapat meningkatkan profesionalisme agar mampu memberikan pelayanan sesuai standar profesi dan kewenangan, selain itu memperkuat eksistensi pelayanan kesehatan primer melalui oprtimalisasi pelayanan kebidanan.

”Selamat Ulang Tahun IBI yang ke- 71 dan selamat kepada Pengurus-pengurus Ranting IBI yang baru saja dikukuhkan. Semoga Allah SWT, meridhoi dan melimpahkan rahmatNya kepada kita semua dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan,” tutup Muhammad Senin.

Sementara itu Ketua Umum  Pengurus Pusat IBI dalam sambutannya dibacakan Sukma Albanjar selaku Ketua IBI Kota Tidore Kepulauan mengatakan Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan strategis yang memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan kebidanan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, khususnya kesehatan reproduksi perempuan dan tumbuh kembang baya dan balita.

”Banyak ahli membuktikan bahwa meningkatkan status kesehatan ibu dan anak dalam mempersiapkan generasi yang berkualitas dimulai sejak dini, yaitu sejak sebelum hamil atau bahkan dimulai dari masa remaja sesuai siklus kesehatan reproduksi perampuan. Pengawasan kesehatan ibu sebelum hamil sangat menentukan kualitas anak yang akan dilahirkan,” kata Sukma Albajar.

Sementara Ketua Panitia Rita Supatmi Buamona dalam laporannya mengatakan, tujuan secara umum  dari kegiatan ini  terselenggaranya Peringatan Hari Ulang Tahun IBI Ke-71 Tahun 2022 dengan mensukseskan program Pekan Imunisasi Dunia sedang secara khusus Peningkatan kapasitas bidan dalam peningkatan kualitas pelayanan KIA-KB dan Kesehatan Reproduksi di Era Pandemi, Optimalisasi peran bidan dalam mendukung program imunisasi khususnya pada pekan Imunisasi Anak Nasional, Pengutan organisasi profesi konsolidasi tingkat pusat dan daearah, Penguatan organisasi profesi tingkat global, Peningkatan kepedulian dan kecintaan anggota terhadap organisasi IBI serta penguatan persatuan dan persaudaraan bidan dalam wadah Ikatan Bidan Indonesia.

Kegiatan dilanjutakan dengan Pemberian Bira Boso kepada kedua bidan tertua dari Wakil Walikota Tidore Muhammad Sinen Kepada kedua Bidan tersebut yaitu Bidan Hj. Safiah Basalim dan Bidan Hj Rahima Talaohu

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar