Ketahanan Pangan, PATPI Ternate Cermati Pangan dari Cemaran Bilogis dan Kimia

PATPI Ternate dan RRI Ternate Sosialisasikan Ketahanan Pangan

KBRN, Ternate; Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Cabang Ternate menyosialisasikan keamanan pangan; kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran bilogis, kimia dan benda lain.

Menurut Ketua PATPI Ternate, Muhammad Assagaf untuk cara pencegahan cemaran biologi yaitu dengan membeli bahan mentah dan pangan di tempat bersih, dari penjual yang sehat dan bersih.

"Jika membeli makanan yang telah dimasak, maka pilih yang dipajang, disimpan dan disajikan dengan baik, kemasan tidak rusak," kata Assagaf.

Selain itu, ketahan pangan harus dicegah dari cemaran kimia. Cemaran kimia masuk dalam pangan secara sengaja maupun tidak sengaja dan dapat menimbulkan bahaya. Cara pencegahannya menurut Assagaf konsumen harus memilih bahan pangan yang baik untuk dimasak, yang sebelumnya bahan yang dikonsumsi harus dibersihkan dengan air bersih.

Sementara itu, ketahanan pangan pada pencegahan lain harus jauh dari cemaran fisik dengan memperhatikan kondisi pangan yang akan dikonsumsi.

"Jaga kebersihan pisahkan pangan mentah dari pangan matang. Masaklah dengan benar , jagalah pangan pada suhu aman dan gunakan air bersih," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar