Pemberian Bingkisan Perempuan Tangguh Warnai Hari Kartini 2022 di Tikep

Penasehat GOW Hj. Safia Ali Ibrahim saat sambutan pada Peringatan Hari Kartini (Dok.Humas Tikep)
Peringatan Hari Kartini oleh GOW Kota Tidore Kepulauan (Dok.Humas Tikep)

KBRN, Tidore : Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Tidore Kepulauan Senin (25/5/2022) memperingati Hari Kartini Tahun 2022, kegiatan yang mengusung tema Perempuan Indonesia Hebat, Perempuan Indonesia Kuat berlangsung di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan.

Peringatan Hari Kartini dihadiri Penasehat GOW Hj. Safia Ali Ibrahim, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syofyan Saraha, Forkompimda Kota Tidore Kepulauan beserta Ibu, Ketua GOW Elvri Habib, Staf Ahli dan Pimpinan OPD.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syofyan Saraha saat membacakan sambutan Walikota mengatakan, Atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, menyampaikan selamat memperingati Hari Kartini tahun 2022.

”Semoga melalui moment ini akan muncul lagi Kartini-Kartini muda yang berprestasi dan berdedikasi tinggi pada tugas dan tanggungjawabnya memajukan daerah yang kita cintai ini,” ungkap Syofyan Saraha.

Kaum perempuan masa kini kata Syofyan Saraha tak lagi identik dengan sektor domestik, yang artinya hanya berperan sebagai istri dan seorang ibu di rumah, tetapi telah berperan di sektor publik, dengan memiliki profesi di berbagai bidang yang dapat menunjang perekonomian keluarga.

”Akhirnya kita semua tentu berharap, peringatan Hari Kartini tahun ini dapat menjadi momen kebangkitan kaum perempuan, untuk ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan yang terbaik demi Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Menuju Tidore Jang Foloi,” tutup Syofyan Saraha.

Penasehat GOW Kota Tidore Kepulauan Hj. Safia Ali Ibrahim mengatakan, memperingati dan mengenang kembali jasa-jasa perjuangan Raden Ajeng Kartini, mengingatkan kepada kita akan keluhuran kodrat, harkat dan martabat serta kedudukan dan peranan kaum perempuan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

”Peringatan ini bertujuan pula untuk meningkatkan aspirasi masyarakat terhadap keluhuran kodrat, harkat dan martabat serta kedudukan dan peranan kaum perempuan dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat melalui peningkatan kualitas peran-sertanya baik secara pribadi maupun secara organisasi dalam berbagai kegiatan pembangunan,” ujar Hj. Safia Ali Ibrahim.

Sementara itu Ketua GOW Kota Tidore Kepulauan Elvri Habib mengatakan, setiap memperingati Hari Kartini kita akan merefleksi semboyang habis gelap terbitlah terang, dimana harapan Kartini adalah untuk mewujudkan kesetaraan Hak perempuan dan laki-laki.

Perempuan belum sepenuhnya mendapat hak sesuai kodratnya kata Elvri Habib, Karen kekerasan terhadap perempuan masih terus terjadi, belakangan ini kasus pelecehan seksual terhadap anak perempuan semakin meningkat, bahkan rata-rata pelakunya adalah orang terdekat, yang seharusnya menjadi pelindung yang menyayangi dan mencintai mereka tetapi kenyataannya terbalik, bahkan ayah kandung sendiri menghancurkan masa depan anak perempuannya dengan dalih pelampiasan syahwat yang tidak terkendali.

”Pelecehan seksual terhadap anak perempuan sungguh memilukan, anak kehilangan segalanya karena mengalami teraumatik sepanjang usianya, berkaca pada kasus yang ada, anak korban pelecehan seksual mengalami kesulitan, dimana satuan pendidikan menolak kehadirannya untuk kembali melanjutkan pendidikan, dengan alasan menjaga nama baik satuan pendidikan tersebut, sementara mental anak belum pulih namun kembali mengalami diskriminasi,” tutur Elvri Habib.

Pemerintah Kota Tidore Kepulauan diharapkan sesuai amanat yang disampaikan dalam Undang-Undang Perlindungan Anak, sekiranya dapat memberikan perhatian lebih pada kasus-kasus anak korban kekerasan seksual, agar mereka bisa mendapat hak pendidikan dan pengasuhan yang layak tanpa diskriminasi.

Peringatan Hari Hartini Tahun 2022 tersebut ditutup dengan Pemberian bingkisan kepada 4 orang Perempuan Hebat di Kota Tidore Kepulauan yang telah mendedikasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat sesuai bidang yang digeluti, mereka diantaranya: di Bidang Kesehatan Hj. Siti Rahima Talaohu Seorang Bidan Profesional yang mengabdikan dirinya untuk Masyarakat.

Di bidang Pendidikan Hj. Hermina Umasangaji Pengelola Panti Asuhan Putri Aisyiyah, Pegiat dan Pemerhati Pendidikan Anak. Di bidang Pertanian Nurjana Salasa Ketua Kelompok Wanita Tani, Penggerak bagi perempuan di sekitarnya dalam bidang pertanian. Di bidang Perikanan, Ibu Asmi Tamar Pendiri Kelompok Perikanan Jaring Apung, Pendiri Kelompok Olahan Ikan Wanita Rasai, dan Pendiri Koperasi di Jiko Cobo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar