Tiga Kelurahan Lokus Stanting Terima Makanan Sehat dari KICI Malut dan TP PKK Ternate

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate Marlisa M. Tauhid didampingi Ketua Umum KICI Maluku Utara Hj. Nursia Abdul Haris saat memberikan makanan sehat kepada ibu hamil dan Balita (Dok.RRI)
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate Marlisa M. Tauhid didampingi Ketua Umum KICI Maluku Utara Hj. Nursia Abdul Haris bersama penerima makanan sehat kepada ibu hamil dan Balita (Dok.RRI)

KBRN, Ternate : Komunitas Ibu Cerdas Indonesia (KICI) Provinsi Maluku Utara bersama Tim Penggerak PKK Kota Ternate Sabtu (22/1/2022) kembali melaksanakan kegiatan pemberian makanan sehat bagi ibu hamil dan balita sebagai upaya untuk mencegah stunting.

Kegiatan yang dipusatkan di Pantai Kastela Kecamatan Pulau Ternate itu dalam rangka memeriahkan Hari Gizi Nasional ke-62 tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 25 Januari nanti. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate Marlisa M. Tauhid pada kegiatan tersebut mengatakan, masalah gizi bagi ibu hamil serta balita saat ini menjadi perhatian serius tidak saja pemerintah tetapi juga semua elemen.

”Untuk Kota Ternate ada 19 kelurahan di yang menjadi lokus stuting yang saat ini menjadi perhatian pemerintah Kota Ternate termasuk Tim Penggerak PKK juga KICI Maluku Utara, sehingga kegiatan ini dilakukan dengan memberikan makanan sehat untuk membantu mencegah stunting,” ungkap Marlisa M. Tauhid.

Dengan makanan sehat yang diberikan ini diharapkan dapat membantu Ibu hamil dan Balita dalam meningkatkan gizi dan cegah stunting, disamping harus terus rutin ke Pos Yandu untuk melakukan pemeriksaan untuk mengetahui perkembangan bayi serta ibu dari bayi.

Sementara Ketua Umum KICI Provinsi Maluku Utara Hj. Nursia Abdul Haris mengatakan, kegiatan pemberian makanan sehat bagi ibu hamil dan balita yang dilaksanakan ini secara serentak dilakukan oleh KICI yang diketuai Hj. Ratih Sanggarwati di seluruh Indonesia termasuk di Provinsi Maluku Utara.

”Kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan asupan gizi bagi ibu hamil dan balita sekaligus ikut mengentaskan masalah stunting yang saat ini menjadi perhatian pemerintah dari pusat sampai ke daerah termasuk di Provinsi Maluku Utara,” ujar Hj. Nursia Abdul Haris.

Pemberian makanan sehat ini diharapka ikut membantu masyarakat dalam meningkatkan gizi terhadap ibu hamil maupun balita, sehingga nantinya ibu hami serta balita akan tumbuh sehat dan jauh dari stunting.

Para ibu hamil yang menerima makanan sehat menyampaikan terima kasih kepada Tim Penggerak PKK dan KICI Provinsi Maluku Utara atas perhatian terhadap mereka sehingga dapat membantu meningkatkan asupan gizi mereka.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Kastela Kecamatan Pulau Ternate tersebut diawali dengan sambutan Lurah Kastela Lutfi Kader dan penyuluhan dari Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Kota Ternate Asna Hamid dengan materi edukasi penanggulangan stunting yang dilanjutkan dengan pemberian makanan sehat kepada ibu hamil dan balita untuk tiga kelurahan sebagai fokus stanting yaitu kelurahan Jambula, Rua dan Kastela.

Sebelumnya kegiatan yang sama juga telah dilakukan di Kecamatan Kota Ternate Tengah dengan memberikan makanan sehat untuk 4 kelurahan yaitu Kalumpang, Santiong, Salahudin dan  Kampung Pisang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar