Poltekkes Kemenkes Ternate Laksanakan KMD Pramuka

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Ternate H. Ibrahim Muhammad saat membuka KMD Poltekkes Kemenkes Ternate (Dok.RRI)
Para Peserta KMD Poltekkes Kemenkes Ternate sementara mengikuti Pembukaan (Dok.RRI)
Penyerahan Bendera Kursus dari Wakil ketua Pusdiklatcab Marlina Toboleu kepada pimpinan kursus Sidik Limatahu (Dok.RRI)
Suasana Pembukaan KMD Poltekkes Kemenkes Ternate (Dok.RRI)

KBRN, Ternate : Untuk menyiapkan Anggota yang mahir, Gudep Poltekkes Kemenkes Ternate Jumat (3/12/2021) melaksanakan Khusus Mahir Dasar (KMD) terhadap Anggota Pramuka yang berada di Gudep tersebut.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Ternate H. Ibrahim Muhammad ketika membuka KMD menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Poltekkes Kemenkes Ternate yang telah mengambil dan gerakan langkah maju dengan melaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD) yang menjadi keharusan untuk mengembangkan potensi diri bagi insan Pramuka.

”Gerakan Pramuka adalah sebuah mesin yang selalu bergerak dinamis dan selalu bergerak untuk mempengaruhi serta selalu beradaptasi dengan kondisi tetapi yang pasif tetapi dia berusaha melakukan gerakan-gerakan, karena itu organisasi gerakan Pramuka yang tidak pernah berhenti, satu kegiatan berhenti telah menunggu kegiatan yang lain jadi dinamis kegiatan itu,” ungkap H. Ibrahim Muhammad.

Dengan kegiatan KMD ini paling tidak dapat menyiapkan berkelanjutan sehingga tercipta calon pelatih yang mahir, sehingga ada sebuah peremajaan stok pelatih. Oleh karena itu diharapkan dapat beradaptasi mengembangkan Gerakan Pramuka

Sementara itu Wakil Direktur III Selaku Ketua Gudep Poltekkes Kemenkes Ternate Sahnawi Marsaoly mengatakan, kegiatan Pramuka bagi Poltekkes khususnya mahasiswa sangat dibutuhkan karena yang diharapkan mereka nanti bertugas di desa, jadi kalau para mahasiswa ini sudah terlatih untuk mandiri, bekerja sama, disiplin sehingga nantinya ketika turun di desa sudah siap.

Kapanpun dibutuhkan dan diminta sudah siap datang karena jiwa korsa pengabdian sudah tertanam, sehingga kegiatan ini memang benar-benar sangat kami butuhkan dan para peserta dapat serius mengikuti kegiatan ini sehingga nanti benar-benar tertanam janji suci Tri Satya dan Dasa Dharma yang tidak sekedar diucapkan tetapi benar-benar menjadi landasan hati nurani lebih diperkuat, karena sebagai petugas kesehatan sudah harus sadar bahwa kapanpun dan dimanapun diminta sudah harus siap jadi dengan ditambah jiwa Pramuka yang sudah tertanam mudah-mudahan akan sukses di masyarakat,

Diharapkan kepada para Pembina di dalam KMD dapat memberikan ilmu yang dimiliki kepada para peserta. Selain itu juga pihaknya berjanji akan segera melaksanakan pelantikan pengurus Gudep Poltekkes Kemenkes Ternate.

Ketua Panitia Pelaksana KMD Kurniawan mengatakan kegitan KMD ini dilaksanakan tanggal 3 – 5 dan 11 – 12 Desember 2021 dengan jumlah peserta putri sebanyak 60 dan putra sebanyak 40 orang dengan total peserta 100 orang. Kegiatan KMD ini baru pertama kali dilakukan ini dilaksanakan berlokasi di Poltekkes Kemenkes Ternate dan berharap akan dapat berlanjut sampai ke tingkat yang lebih tinggi

Pembukaan KMD ditandai dengan penyerahan bendera kursus dari Wakil Ketua Pusdiklatcab Kota Ternate Marlina Toboleu kepada Pimpinan Khusus Sidik Limatahu dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta kursus.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar