Pembelian Tiket Non Tunai Mulai diberlakun ASDP Ternate

Pelabuhan Penyeberangan Ferry Bastiong Ternate (Dok.Ist)

KBRN, Ternate : Upaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Maluku Utara, PT. ASDP (Persero) Indonesia Ferry Cabang Ternate mulai tanggal 29 November 2021 mendatang secara bertahap tidak lagi melakukan pembelian tiket menggunakan tunai tetapi dilakukan secara non tunai.

Pembelian tiket secara non tunai tersebut dapat dilakukan melalui Kartu Uang Elektronik , Virtual Account maupun melalui Dompet Digital.

Pihak PT. ASDP (Persero) Indonesia Ferry kepada RRI Jumat (26/11/2021) mengatakan, dalam melakukan pembelian tiket kapal penyeberangan ferry di Cabang Ternate sudah akan diberlakukan secara non tunai.

”Dalam pembelian tiket secara non tunai, dapat dilakukan melalui Kartu Uang Elektronik bekerjasama dengan 4 bank yaitu Mandiri E-Money, BNI Tapcash, BRI BRIZZI dan Flazz BCA. Saat masa sosialisasi akan dibagikan kartu secara cuma-cuma selama stok dari pihak bank tersedia, sedangkan untuk pengisian saldonya dapat dilakukan di Bank dan ATM tanpa dikenakan biaya. Kartu tersebut berlaku selamanya tanpa ada waktu expiry.

Untuk pengisian saldo atau top up Kartu Uang Elektronik selain dapat dilakukan di bank dan ATM bisa juga dilakukan dengan Agen Lakupandai resmi dari bank BRI, BNI, Mandiri, dan BCA, sesuai dengan ketentuan dan biaya yang diatur oleh bank. Selain itu juga pembayaran dapat dilakukan melalui Dompet Digital dan Transfer Virtual Account melalui bank.”

Sementara masyarakat yang sebelumnya telah memiliki kartu Brizzi juga dapat digunakan untuk pembelian tiket secara non tunai setelah di top up.

Untuk Dompet Digital dapat juga digunakan untuk pembelian tiket secara non tunai asalkan isi saldo dompet digital mencukupi. Pemakai Jasa kemudian menerima QR kode bayar dari petugas dan melakukan scan QR code untuk melakukan pembayaran. Untuk pembayaran Dompet Digital dapat dilakukan menggunakan OVO, Dana, LinkAja, dan ShopeePay.

Sedangkan untuk Transfer Virtual Account dapat menginfokan bank pilihan kepada petugas kemudian Pemakai Jasa menerima kode bayar virtual account dari petugas untuk melakukan pembayaran melalui Mobile Banking. Untuk Transfer Virtual Account dapat dilakukan melalui 9 bank, yaitu BRI, Mandiri, BNI, BCA, Danamon, Permata Bank, CIMB Niaga, Bank Maspion dan Maybank.

Menurut pihak ASDP, saat ini tidak ada kenaikan tarif ferry hanya jika Pengguna Jasa ingin memperoleh Kartu Uang Elektronik di bank, agen Lakupandai, ataupun gerai ritel akan ada harga kartu sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh pihak bank.  Dan kartu tersebut sekali dibeli dapat digunakan  tidak saja untuk membeli tiket tetapi juga untuk di berbagai tempat seperti di Indomaret atau Alfamart.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar