Jelang Pembukaan STQ Nasional di Sofifi Arus Penumpang Meningkat

Suasana Penumpang yang padat diatas KMP. Baronang menuju Sidangoli (Dok.RRI)

KBRN, Ternate : Menjelang pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Tingkat Nasional XXVI di Sofifi Provinsi Maluku Utara yang akan dibuka Sabtu (17/10/2021) malam nanti transportasi laut dari Ternate ke Sofifi mengalami peningkatan.

Masyarakat Kota Ternate memadati pelabuhan Semut Mangga Dua juga Kotabaru maupun Pelabuhan Penyeberangan Ferry Bastiong untuk menuju ke Sofifi menyaksikan Pembukaan STQ Nasional yang akan dibuka Menteri Agama atas nama Presiden Republik Indonesia.

Di pelabuhan Penyeberangan Ferry Bastiong Ternate misalnya masyarakat yang menyeberang ke Sofifi biarpun harus melalui Sidangoli, karena pelabuhan penyerangan ferry Galala Sofifi masih dalam proses penyelesaian, namun tetap saja terjadi peningkatan penumpang.

Padahal melalui pelabuhan penyeberangan ferry Sidangoli harus menempuh perjalanan darat menuju Sofifi kurang lebih satu jam, namun tidak menjadi masalah bagi masyarakat yang ingin menyaksikan langsung pembukaan STQ Tingkat Nasional di Sofifi ibukota Provinsi Maluku Utara. 

Salah seorang penumpang KMP. Baronang yang menuju ke Sidangoli Siti Nuraini kepada RRI mengatakan, dirinya ke Sofifi lewat Sidangoli menggunakan kendaraan roda dua hanya untuk menyaksikan pembukaan STQ Tingkat Nasional XXVI di Sofifi. 

"Kami bersama beberapa teman naik motor dari Sidangoli ke Sofifi cuma mau menyaksikan pembukaan STQ Nasional di Sofifi nanti malam," ungkap Siti Nuraini. 

Sementara di pelabuhan Semut Mangga Dua Ternate sesuai pemantau RRI penumpang yang menyeberang ke Sofifi berbeda dengan hari lain, setiap saat speedboat berlayar mengakut penumpang menuju Sofifi.

Pada setiap pelabuhan baik itu penyeberangan ferry Bastiong maupun pelabuhan speed boad Mangga Dua serta Kotabaru tetap melaksanakan protokol secara ketat, dimana setiap penumpang harus menggunakan masker. 

Disamping itu juga bagi penumpang yang menggunakan angkutan speed boad tetap dilakukan pengawasan ketat oleh pihak Syahbandar tentang keselamatan penumpang dalam berlayar. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00