Inovasi Layanan Digital BPJS Kesehatan, Upaya Pencegahan Covid-19

Dokumentasi Istimewa/YK).

KBRN, Ternate: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Ternate menggelar kegiatan Media Gathering sekaligus sosialisasi digitalisasi layanan program JKN-KIS dengan sejumlah media, bertempat di Royal Resto, Kamis (23/9/2021).

Diharapkan, kegiatan ini dapat semakin mempererat kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan media terutama perihal kemudahan koordinasi dan konfirmasi terkait pemberitaan tentang JKN-KIS.

"Lewat kegiatan ini, nantinya ada pemberian materi dan diskusi bersama, dan mungkin ada hal-hal baru yang bisa didapatkan soal pelayanan kesehatan dan pelayanan digital," ujar Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ternate, dr. Diane Rineke Kaunang.

Dikatakan, melalui kegiatan ini pula disampaikan inovasi-inovasi berbasis teknologi untuk mempermudah layanan bagi peserta JKN-KIS.

Diane juga memberikan apresiasi atas kehadiran perwakilan awak media yang telah bersedia meluangkan waktu hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh pihaknya tersebut.

"Kiranya lewat kegiatan ini, menjadi bekal kita semua, terutama bagi teman-teman media sebagai ujung tombak penyajian informasi bagi warga di Maluku Utara," ucapnya.

Media Gathering BPJS Kesehatan Ternate. (Dok. DB/RRI)

Di saat yang sama, Petugas Informasi dan Penanganan pengaduan Peserta BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ternate, Syamsul Rizal mengatakan, kemudahan layanan melalui platform digital dapat diakses oleh peserta JKN-KIS dengan mudah melalui gawai peserta..

Layanan tersebut diantaranya adalah aplikasi Mobile JKN-KIS. Pada aplikasi tersebut terdapat fitur-fitur yang memudahkan peserta saat membutuhkan layanan JKN-KIS seperti fitur pendaftaran peserta, cek tagihan iuran, ubah data peserta, informasi ketersediaan tempat tidur, screening kesehatan, KIS digital, konsultasi dokter, layanan informasi dan pengaduan serta fitur lainnya.

“Mobile JKN-KIS ini akan memudahkan peserta terutama kaum milenial yang selalu membutuhkan kecepatan dan kemudahan akses informasi. Namun untuk peserta yang memang tidak memiliki akses teknologi informasi masih dapat dilayani secara manual di kantor BPJS Kesehatan,” tuturnya.

Selain aplikasi Mobile JKN-KIS, ada inovasi lain yang digagas BPJS Kesehatan yakni Pandawa. Pandawa merupakan pelayanan administrasi melalui Whatsapp untuk mendapatkan layanan tanpa tatap muka secara langsung.

Pelayanan administrasi JKN-KIS yang dapat diakses melalui Pandawa ini diantaranya pendaftaran peserta baru, penambahan dan pengurangan anggota keluarga, pengaktifan kartu, ubah faskes tingkat 1, dan layanan administrasi lainnya yang dapat diakses melalui Whatsapp di nomor 081256090695.

“Melalui layanan Pandawa ini juga BPJS kesehatan turut serta mendukung program pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mengurangi kontak secara langsung dan meminimalisir kerumunan” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00