UAS Ajak Masyarakat Syukuri Nikmat Tanah Subur Ternate

KBRN, Ternate; "Ternate Berdzikir dan Bershalawat" di Masjid Al Munawar Ternate mendapatkan antusias masyarakat manakala Ustadz kondang, Abdul Somad hadir sebagai penceramah pada Tabligh Akbar, Rabu (15/9/2021).

Pada bagian ceramahnya Ustadz Abdul Somad (UAS) mengajak masyarakat agar menyukuri nikmat Allah, karena Ternate memiliki tanah yang subur. Ia mengakui kesuburan tanah Ternate itu usai melihat dan mengunjungi Kota Ternate.

Antusias Masyarakat

Menurutnya, wajar saja sejarah menuliskan bila bangsa Portugal dan Belanda sempat menduduki Ternate, hanya karena Ternate menghasilkan rempah-rempah seperti Pala dan Cengkeh.

"Orang Portugal mencium harum semerbak Ternate, orang Belanda kalau bertugas di tanah Ternate, apa yang mereka cium di Ternate, ternyata yang mereka cium itu adalah Qaranful (Cengkeh), sesungguhnya Pohon Qaranful hanya tumbuh di dunia ini hanya dipuja raja-raja” Ujar Ustadz Abdul Somad.

UAS pun mengisahkan kekhasan kopi dari Ternate yang dialaminya setelah menjelajahi Galela, Ternate, Tidore, hingga balik ke hotel.

Jamaah di Balkon Masjid Al Munawar

“Saya dikasih minuman khas, lalu saya minum, setelah saya minum jam tiga pergi langsung ke Galela, lalu kemudian naik Helikopter ke Ternate, dari ternate jelajah, pergi pula ke Tidore, dari Tidore balik ke hotel, mata tidak bisa terpejam, kenapa tidak bisa, rupanya minum kopi Ternate," ungkap Ustadz Abdul Somad, Lc. MA.

Tabligh Akbar yang berlangsung Rabu (15/9/2021) malam yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Ternate bersama dengan Polres Ternate, Kementrian Agama Ternate, MUI Kota Ternate serta Badan Ta’mir Masjid Al Munawwar. (Kartika)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00