Napi Lapas Jambula dan LPKA Ternate Diusulkan Remisi Natal 2021

Ilustrasi Tahanan (Dok: Antaranews)

KBRN, Ternate: Sebanyak 12 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Ternate mulai diusulkan untuk mendapat remisi khsus perayaan natal tahun 2021.

Kepala Lapas kelas IIA Ternate, Maman Hermawan saat dikonfrimasi RR, Senin (29/11/2021) mengatakan, 12 WBP yang diusulkan mendapat resmisi khusus natal tersebut merupakan napi yang beragama non muslim.

“Mereka semua non musli, karena ini perayaan natal maka diberikan khsus kepada mereka,” ungkapnya.

Maman bilang, dari 12 napi yang diusulkan remisi natal tersebut 11 diantaranya merupakan napi kasus pidana umum sementara satu lainya merupakan napi kasus narkoba.

Lebih lanjut maman merincikan, 11 napi pidana umum yang diberikan remisi khusus tersebut dengan rincian, kasus perlindungan anak sebanyak 8 orang, kasus kesusilaan sebanyak 1 orang, kasus pembunuhan 1 orang dan kasus pencurian 1 orang.

“Mereka yang diberikan remisi ini memang sudah dilakukan penilayan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ucapnya.

Remisi khusus yang diberikan kepada 12 WBP ini lanjut Maman, 2 orang diusulkan resmisi 2 bulan, 1 bulan 15 hari 2 orang dan remisi 1 bulan sebanyak 9 orang.

“Ini masih diusulkan, dan remisi ini nanti akan diberikan saat perayaan natal nanti,” katanya.

Sementara itu secara terpisah Kepala Lapas Pembinaan Khsusu Anak (LPKA) Ternate, Jayadikusumah mengatakan, dari 18 anak yang ada di LPKA Ternate 4 diantaranya diusulkan untuk mendapat remisi khusus natal.

“Empat orang yang mendapat remisi ini mereka juga non muslim,” katanya.

Menurutnya, lama remisi yang diberikan kepada 4 anak di LPKA Ternate ini bervariasi mulai dari remisi 1 bulan hingga remisi 15 hari.

“4 anak yang diusulkan remisi ini 1 diantaranya merupakan kasus narkoba sementara tiga orang lainya merupakan kasus asusila,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar