Apel Siaga Handphone dan Narkoba, Lapas Ternate Launching Aplikasi E-Control

KBRN, Ternate: Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Ternate, Selasa (28/9/2021) menggelar apel siaga deklarasi perang terhadap peredaran handphone ilegal dan narkoba serta launching e-control regu pengaman di dalam lapas.

Apel yang terpusat di Lapas Kelas IIA Ternate tersebut dipimpin langsung Kepala Lapas, Maman Hermawan dan diikuti oleh seluruh pegawai serta TNI-Polri di Kota Ternate.

Kepala Lapas Ternate, Maman Hermawan mengatakan, apel siaga yang dilakukan tersebut sebagai salah satu langkah progresif Lapas kelas llA Ternate untuk mengingatkan kembali kepada seluruh petugas Lapas tentang tugas pokoknya sebagai petugas Lapas.

Setiap petugas pemasyarakatan menurutnya, adalah petugas pengamanan, agar selalu waspada dan peduli terhadap situasi Lapas dalam melaksanakan tugasnya.

"Jangan sekali-kali toleransi terhadap peredaran HP apalagi narkoba di Lapas, karena kalau sampe ketahuan maka sanksi pidana akan dijatuhkan," ungkapnya tegas.

Maman bilang, yang dimaksud launching e-control regu pengamanan ialah membuat barcode pada titik sambang control tertentu, saat tiba petugas harus scan barcode agar terbaca oleh sistem.

Hal ini dilakukan sehingga bisa terekam dalam file waktu dan tempat kontol yang disinggahi oleh regu pengaman.

"Yang pasti supaya pelaksanaan kontrol dan laporannya mach sesuai data yang masuk dengan scan barcode," akunya.

Maman juga menegaskan, dalam apel siaga dan deklarasi tersebut, diikuti dengan pemusnahan 13 Hp hasil penggeledahan dalam Lapas serta tes urin mendadak kepada 64 pegawai.

"Hasil tes urin itu hanya pada 63 orang saja dan semuanya negatif, sementara satu pegawai perempuan belum melaksanakan tes urin karena ada tugas luar," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00