Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Ummat Diserahkan Kemenag Kepada Masyarakat

Suasana WorkshopOrentasi Program Pemberdayaan Ekonomi Umat Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ternate Tengah (Dok.Kemenag Malut)

KBRN, Ternate : Pelaksanaan Workshop Orentasi Program Pemberdayaan Ekonomi Umat Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ternate Tengah dilaksanakan Rabu (6/7/2022) di aula Nurhasanah Lantai 3 Kantor Kementerian Agama Kota Ternate.

Kegiatan Workshop di buka melalui zoom meeting oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI, H. Tarmizi Tohor, sekaligus penyerahan bantuan secara simbolis.

Plh. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara H. Amar Manaf yang juga Kepala Bagian Tata Usaha pada workshop tersebut mengatakan, program bantuan pemberdayaan ekonomi umat merupakan bentuk pelayanan Kementerian Agama RI kepada masyarakat Indonesia, tidak hanya sebatas membangun dan mewujudkan peningkatan kualitas keagamaan tetapi juga  ikut memperkuat ekonomi bangsa untuk pembangunan bangsa Indonesia yang lebih maju.

”Keberhasilan program bantuan pemberdayaan ekonomi umat tidak hanya ditentukan oleh para penerima manfaat bantuan, namun juga ditentukan dari para pemberi bantuan dan para pendamping,” ungkap H. Amar Manaf.

Edukasi, Inovasi dan Kerjasama Zakat Wakaf Kemenag RI, adalah program pemberian bantuan kepada masyarakat melalui KUA sebagai unit pelaksana teknis dalam melaksanakan pendampingan, pengawasan dan pengendalian. 

Bantuan bisa jadi tidak selamanya ada, oleh karena itu para penerima bantuan  mafaatkan bantuan ini secara optimal untuk memaksimalkan usaha, bukan dimanfaatkan secara konsumtif.

Kepada pemegang tugas dan fungsi bagian zakat wakaf Kemenag Malut diingatkan akan kewajiban melakukan pendampingan dan pengawasan di lapangan, sehingga jika para penerima memperoleh masalah dan kendala bisa segera dicari jalan keluarnya dan ditangani lebih cepat.

”Lakukan pendampingan, pengawasan dan pengendalian, secara serius, sehingga bantuan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” tegas H. Amar Manaf.

Masyarakat penerima bantuan H. Amar Manaf mengharapkan memiliki kesadaran, adanya pengawasan, pendampingan bukan berarti tim pendamping mengikuti atau mencampuri bidang usaha yang dikerjakan, namun sekedar membantu dan mengayomi agar penerima bantuan sukses dalam menjalankan usahanya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ternate Amir Tomagola mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pendampingan yang dilakukan oleh subdirektorat Edukasi, Inovasi dan Kerjasama Zakat Wakaf Kemenag RI kepada masyarakat penerima manfaat project KUA percontohan ekonomi umat Provinsi Maluku Utara, khususnya KUA Ternate Tengah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar