Daging Sapi Tembus Rp 170 Ribu per Kilogram, Warga Padati Pasar Higienis Ternate

Pasar daging di belakang Pasar Higienis Ternate. (DB/RRI).

KBRN, Ternate: Harga daging sapi di Pasar Higienis, Kota Ternate, Maluku Utara menjelang hari raya Idulfitri 1443 melonjak tinggi.

Pantauan RRI per Minggu pagi (01/05/2022) harga daging tembus di angka Rp170 ribu per kilogram, dari harga per hari sebelumnya Rp150 per kilogram.

"Daging sapi Rp170 ribu per kilo, baru naik hari ini," kata pedagang daging yang juga Ketua Ikatan Pengusaha Sapi dan Kerbau Kota Ternate, Ibrahim Hamid.

Permintaan pasar yang tinggi menurut Ibrahim, menjadi pemicu lonjakan harga daging sapi, dan ini sudah menjadi hukum pasar di saat memasuki momen-momen hari besar terutama hari raya keagamaan.

"Kami beli per ekor sapi di peternak ini Rp 40 juta, sementara harga per 2 ekor sapi Rp 77 juta, jadi harga jual daging harus kami sesuaikan, karena para peternak menjual sapi juga dengan melihat momennya (Idulfitri)," ujarnya.

Ibrahim mengatakan, sebanyak 50 ekor sapi disembelih untuk memenuhi pasokan daging sapi untuk kebutuhan masyarakat Ternate jelang lebaran. 

"Rata-rata sapi jantan yang disembelih, karena biasanya peternak sengaja menahan sapi jantan untuk dijual jelang Idulfitri," pungkasnya.

Sementara itu, meskipun harga daging mahal, sejumlah warga padati pasar daging tepat di belakang Pasar Higienis Ternate.

"Daging sudah jadi kebutuhan saat momen hari raya, jadi kami tetap beli walaupun mahal," tutur Dini, salah satu pembeli.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar