Bazar Ramadan Himbara di Ternate, Penuhi Kebutuhan Masyarakat dan Dorong Digitalisasi Keuangan

Wali Kota Ternate didampingi Kepala KPw BI Malut meninjau salah satu lapak di lokasi bazar. (DB/RRI)

KBRN, Ternate: Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengapresiasi Bazar Digital Ramadan yang diinisiasi oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) seperti BNI, Mandiri, BRI dan BTN di bawah koordinir Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara yang digelar di lokasi eks-Bank BNI, Jalan Pahlawan Revolusi, Kelurahan Gamalama, Kota Ternate, Rabu (24/4/2022).

"Kita berharap kegiatan bazar ini dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama di bulan suci Ramadan ini. Apalagi kita tahu bahwa di momen ini, semua harga-harga barang meningkat," kata Wali Kota, M. Tauhid Soleman kepada sejumlah wartawan.

Mengingat Kota Ternate sebagai pusat ekonomi utama di Maluku Utara, Wali Kota pun berharap, kegiatan bazar murah seperti bisa ini terus digelar BI bersama Himbara pada tahun-tahun mendatang, karena saat bulan Ramadan, bahan-bahan pangan utama seperti minyak goreng, beras, gula maupun tepung terigu mengalami lonjakan harga dari biasanya. 

"Selaku pemerintah, kami berharap bazar ini bisa terus dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang, sehingga bisa membantu masyarakat Ternate dan Maluku Utara umumnya untuk mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar," terang Tauhid yang juga ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Ternate.

Pengunjung bazar yang bertransaksi menggunakan QRIS. 

Sementara Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara, R. Eko Adi Irianto mengatakan, bazar ini juga bagian dari kegiatan TPID Kota Ternate dalam rangka menjaga kestabilan harga pokok selama periode Ramadan dan Idulfitri, karena menurutnya setiap periode HBKN, harga bahan pokok masyarakat mengalami kenaikan.

"Harapan Pak Wali Kota sudah sesuai dan memang kegiatan ini harus setiap tahun dilaksanakan, karena memang ada kebutuhan yang masyarakat yang meningkat. Ini terlihat tadi, begitu bazar ini dibuka, barang-barang seperti gula, minyak goreng yang alami kenaikan harga, diburu warga, termasuk komoditas barito juga langsung habis dibeli," tutur Eko.

Dalam Bazar Digital Ramadan yang telah digelar sejak awal Ramadan lalu ini, Himbara dan BI Malut menyiapkan lapak bagi UMKM binaannya, lapak pedagang takjil, juga melibatkan ritel Hypermart dan Indomaret setya Asosiasi Pengusaha Barito di Kota Ternate. BI juga menyiapkan layanan penukaran uang pecahan kecil untuk kebutuhan hari raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Sebagai bagian dari upaya mendorong digitalisasi keuangan, warga yang berbelanja diutamakan membayar menggunakan platform digital dengan cara melakukan scan barcode QRIS. (mkb)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar