Penyaluran THR Lebih Cepat, Genjot Daya Beli Masyarakat

Dokumentasi Ilustrasi (Antaranews)

KBRN, Ternate: Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara, Adnan Wimbyarto mengatakan bahwa pemberian Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan wujud penghargaan atas kontribusi dan pengabdian aparatur negara serta pensiunan dalam menangani pandemi melalui pelayanan masyarakat dan upaya pemulihan ekonomi nasional.

"Pemberian THR juga diharapkan mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan menambah daya beli masyarakat," ujarnya, Senin (25/4/2022).

Baca jugaPencairan THR di Maluku Utara Capai 100 Persen

Selain itu, sambung Adnan, pemberian THR ini sejalan dengan upaya menambah bantuan sosial ke masyarakat yang paling rentan serta pedagang kaki lima pangan dalam menghadapi kenaikan harga pangan.

Kebijakan pemberian THR dan Gaji Ketigabelas tersebut, diharapkan menjadi salah satu faktor pendorong aktivitas ekonomi masyarakat, sehingga proses akselerasi pertumbuhan ekonomi tetap terjaga.

“Dalam dua tahun terakhir (2020-2021) kebijakan THR dan Gaji ke-13, dilakukan penyesuaian sesuai dengan fokus penanganan pendemi (kesehatan, pemulihan ekonomi, bantuan sosial)," jelasnya.

Tahun 2020, THR hanya diberikan kepada aparatur negara tertentu (pejabat di bawah eselon 2), serta pensiunan. Besaran THR dan Gaji-13 hanya berupa gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan.

"Sedangkan pada tahun 2021, ancaman Covid-19 masih sangat berat, namun pemulihan ekonomi mulai berjalan yang disertai perbaikan kondisi APBN. Oleh karena itu THR dan Gaji-13 dibayarkan kepada seluruh aparatur negara dan pensiunan," tuturnya.

Adapun THR tahun 2022 diberikan sebesar gaji/pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok (tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum), dan 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja.

Bagi Instansi Pemerintah Daerah, paling banyak 50 persen tambahan penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah dan sesuai peraturan perundang-undangan. THR tahun 2022 diberikan kepada seluruh aparatur Negara dan  pensiunan, yang terdiri dari: Aparatur Negara Pusat, Aparatur Negara Daerah dan Pensiunan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar