Jelang Lebaran, Kanwil DJPb Malut Monitoring Penyaluran THR

Kepala Kanwil DJPb Malut, Adnan Wimbyarto. (Dok. DB/RRI)

KBRN, Ternate: Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara mendorong akselerasi penyaluran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pegawai pemerintah pusat dan daerah menjelang Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

Kepala Kanwil DJPb Malut, Adnan Wimbyarto mengatakan, THR menjadi current issue yang sedang hangat dibicarakan. Bagaimana tidak, besaran THR yang diterima pegawai tahun ini sedikit lebih besar dibanding hari besar keagamaan pada 2 tahun terakhir akibat terpaan pandemi Covid-19.

Melalui PP Nomor 16 Tahun 2022, kata Adnan, pemerintah kembali memasukkan komponen tunjangan untuk THR sebanyak 50 persen dari tunjangan kinerja atau tambahan penghasilan. 

"Isu ini cukup penting karena pembayaran THR akan meningkatkan konsumsi di sektor riil dan diharapkan terjadi multiplier yang cukup tinggi dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi regional," ucapnya, Jumat (22/4/2022).

Dia menekankan, akselerasi penyaluran THR perlu terus didorong supaya dapat disalurkan tepat waktu sesuai surat edaran Menteri yakni pemberian THR paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

"Kanwil DJPb Malut konsisten untuk melakukan monitoring penyaluran THR pusat dan daerah melalui bidang PPA I dan PPA II," terangnya.

"Koordinasi dan sinergi juga perlu dilakukan oleh Kemenkeu Satu Regional Malut guna penguatan program pemberdayaan UMKM dalam bentuk kolaborasi dan koordinasi antara pemerintah, akademisi, UMKM, serta masyarakat yang ada,” tutup Adnan kepada awak media dalam acara Torang Pe APBN edisi April 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar