Terus Naik, Harga Kopra di Ternate Sentuh Angka Rp12.500 per Kilogram

Ilustrasi petani kopra. Dok. Istimewa.

KBRN, Ternate: Harga kopra di Kota Ternate terus mengalami kenaikan. Terakhir harganya Rp12.250 per kilogram, namun saat ini tembus Rp12.500 per kilogram. 

Naiknya harga kopra gudang dipengaruhi harga di Surabaya dan Bitung tempat penjualan kopra dari Maluku Utara (Malut). 

"Harga kopra gudang  baru naik beberapa hari terakhir. Naik dari Rp12.250 per kilogram jadi Rp12.500 per kilogram. Sedangkan, kopra harian masih stagnan di harga Rp11.500 per kilogram," kata Seng, pemilik UD. Putra Daerah Kamis, (27/1/2022).

Selain itu, dia menambahkan, kopra yang dijual ke Surabaya dan Bitung dari Ternate semuanya didatangkan dari daratan Halmahera. Karena kata dia, jika hanya mengharapkan kopra dari Ternate maka stoknya tidak ada. 

'Kopra sekali kirim keluar Malut 100 ton," jelasnya.

Sementara itu Akademisi Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Mukhtar Adam saat dikonfirmasi terpisah mengatakan, kopra merupakan sumber kebahagiaan masyarakat di Malut, jadi apabila harga kopra di atas Rp10 ribu per kilogram, akan membuat masyarakat gembira.  Untuk itu kata dia, sangat perlu menjaga stabilitas harga kopra agar tetap stabil. 

"Kopra merupakan sumber kehidupan masyarakat Malut, dari kopra (masyarakat, petani) bisa pergi haji, anak-anak bisa sekolah dan membangun rumah. Semua menjadi satu dalam cerita harga kopra," pungkasnya.

​​​

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar