Harga Minyak Goreng di Pasar Masih di Atas Rp14.000, Disperindag Kota Ternate Minta Secepatnya Disesuaikan

Ilustrasi minyak goreng di pasar. (Istimewa).

KBRN, Ternate: Penyesuaian harga minyak goreng Rp14.000.- perliter di sejumlah pasar tradisional di Kota Ternate nampaknya belum dapat direalisasikan dalam waktu sehari dua ini.

Pasalnya, terhitung satu minggu sejak pemberlakuan minyak goreng satu harga oleh pemerintah pada Rabu, 19 Januari 2022 pekan kemarin, secara serentak pasar tradisional se-Indonesia pun sudah harus menyesuaikan dengan kebijakan harga tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Hasyim Yusuf kepada RRI Senin, (24/1/2022) mengatakan, guna menerapkan minyak goreng satu harga Rp14.000-, saat ini agen di daerah selaku penyuplai minyak goreng di pasar tradisional sementara berkoordinasi dengan agen minyak goreng di pusat, sehingga pedagang di pasar dapat segera menyesuaikan harga baru yang telah diterapkan toko-toko atau retail modern pada Rabu pekan lalu.

“Kami sudah menyarankan ke agen minyak goreng selaku distributor untuk segera menyesuaikan dengan harga terbaru dari pemerintah, tapi kami juga tidak bisa paksa, karena pihak agen di daerah belum dapat subsidi harga dari agen di pusat”, kata Hasyim usai rapat koordinasi dengan agen, distributor dan perwakilan retail modern di Kantor Disperindag Kota Ternate.

Harga minyak goreng oleh para pedagang di beberapa pasar tradisional di Kota Ternate sambung Hasyim, bergantung pada harga agen di daerah selaku distributor minyak goreng di pasaran.

“Sekarang harga di pasar masih mahal karena mereka beli di agen juga dengan modal atau harga yang lama”, ujarnya.

Namun, untuk memangkas selisih harga minyak goreng di pasar tradisional dengan retail modern, kata Hasyim, melalui rapat yang telah digelar hari ini, pihaknya telah menginstruksikan kepada agen di Kota Ternate, agar lebih mempercepat komunikasi penyesuaian harga minyak goreng dengan pihak agen pusat selaku penyuplai minyak goreng di daerah.

“Pada prinsipnya, kami minta (agen, distributor-red) segera menurunkan harga minyak goreng ini dalam waktu dekat”, pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar