Expo Segitiga Emas 2021 Tingkatkan Kerjasama 3 Daerah dan Pemulihan Ekonomi

Walikota Ternate M. Tauhid Soleman bersama Sekda Kota Tikep Ismail Dokumalamo dan Asisten II Setda Halbar Deni G. Kasim bersama Forkompinda melakukan pemukulan tifa menandai pembukaan expo Segitiga Emas 2021 (Dok.Humas Tikep)
WSekda Kota Tikep Ismail Dukomalamo saat memberikan sambuta pada pelaksanaan expo Segitiga Emas 2021 di Jatiland Mall Ternate (Dok.Humas Tikep)

KBRN, Ternate : Pelaksanaan Pembukaan Expo Segitiga Emas 2021 Kamis (9/12/2021) berlangsung dipusat di Lantai 1 Jatiland Mall Ternate dan Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo mewakili Walikota Tidore.

Expo Segitiga Emas merupakan kerja sama dari tiga daerah di Maluku Utara dengan tujuan untuk memperkuat dan mengkolaborasikan visi dari tiga daerah yaitu Kota Ternate dengan Andalan (Mandiri Berkeadilan), Kota Tidore Kepulauan dengan Tidore Jang Foloi (Sangat Indah), dan Kabupaten Halmahera Barat dengan Halbar Jujur Diahi (Jujur dan Perbaiki). Pada Expo Segitiga Emas ini manggambil tema Membangun Kolaborasi Ekosistem Kawasan Daerah Kemandirian Pangan, Energi, dan Ekonomi.

Kerja sama Segitiga Emas antara Pemerintah Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Halmahera Barat telah disepakati sebelumnya dan dituangkan dalam Nota Kesepahaman Tentang Pengembangan Destinasi Segi Tiga Emas Ternate, Tidore dan Halmahera Barat pada tahun 2016 dengan masa waktu kerja sama ini disepakati 3 tahun, yakni berakhir pada 21 November 2019 dan dapat diperpanjang kembali.

Walikota Tidore Kepulauan dalam sambutan yang disampaikan Sekda Ismail Dukomalamo atas nama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menyampaikan rasa hormat dan apresiasi kepada Walikota Ternate yang telah mengagas kegiatan ini.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menyampaikan rasa hormat dan apresiasi kepada Walikota Ternate dan seluruh jajarannya yang telah mengagas kembali Expo Segitiga Emas ini,” ungkap Ismail Dokumalamo.

Walikota  Kota Tidore Kepulauan  berharap semoga kegiatan ini menjadi langkah awal bagi kita dalam menjalani kerjasama Segitigas Emas ini secara baik.

”Saya berharap semoga kegiatan menjadi langka awal bagi kita dalan menjalin kerjasama Segitiga Emas ini secara baik,” ujar Walikota.

Sementara Bupati Halmahera Barat disampaikan Asisten III Bidang Administarasi Umum Deni G. Kasim berharap juga agar setelah kegiatan Expo ini segara diadakan penandatangan MoU Segitigas Emas yang dipembahrui, agar kerja sama Ini dapat berjalan lebih baik kedepannya.

Walikota Ternate M. Tauhid Soleman ketika membuka kegiatan Expo menyampaikan terima kasih kepada rombongan dari Kota Tidore Kepulauan dan Halmahera Barat yang telah hadir pada acara ini dan kesempatan ini Expo Segitiga Emas 2021 diselenggarakan di pusat pembelanjaan Jatiland Mall menandakan pemulihan kembali ekonomi di Kota Ternate, serta menunjukan kebangkitan kembali usaha para pelaku UMKM di ketigah daerah.

Pada acara pembukaan kegiatan ini turut hadir Wakil Ketua I DPRD Kota Tidore Kepulauan, Kadis Parawisata Tidore, Kadis Perindagkop, Kadis Pertanian, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Perhubungan, Kepala BPKAD, Kadis Perkim, Kadis PU, Kadis Ketahanan Pangan, dan Kabag Pemerintahan.

Kegiatan Expo Segitigas ini akan berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 9 sampai 12 Desember dengan menampilan pameran UMKM dari 3 daerah yang tergabung dalam kerja sama Segitiga Emas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar