STQ Nasional Bawa Keberuntungan Pelaku UMKM di Sofifi

Stan Kuliner di Depan Gedung DPRD Malut (Dok: RZ for RRI)

KBRN, Sofifi: Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Nasional ke-XXVI, di Sofifi Provinsi Maluku Utara (Malut) membawa nilai positif pada sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sofifi.

Hal ini sebagaimana disampaikan Asri salah satu pedagang kecil yang sudah 5 tahun lebih melaksanakan aktivitas di Kota Sofifi.

Asri warga asal Makassar Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang mendirikan kios kecil di sisi kanan masjid raya Shaful Khairat Sofifi saat ditemui RRI, Jumat (15/10/2021) mengaku, pendapatannya meningkat signifikan dibandingkan dengan sebelum kegiatan STQ.

Sebelum pelaksanaan STQ menurutnya, dalam satu hari pihaknya hanya mendapat keuntungan 300 hingga 500 ribu sementara jelang STW Nasional di Sofifi pendapatannya naik drastis dari 1 juta hingga mendekati 2 juta rupiah.

"Alhamdulillah pendapatan naik kalau dibandingkan dengan sebelum STQ," ungkapnya.

Warung Merah Disamping Masjid Raya Shaful Khairat Sofifi (Dok: Istimewa)

Hal senada juga dikemukakan oleh Rian Hamid salah satu penyedia jasa transportasi bentor.

Menurutnya, kehadiran STQ di Sofifi membuat mereka lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas ketimbang sebelum kegiatan.

Sebelum kegiatan lanjut Rian, pendapat juga tidak menentu tetapi jelang STQ pendapatan mereka juga naik.

"Alhamdulillah naik dari biasanya," singkatnya.

Sementara itu sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Malut, Sarbin Sehe meminta agar para penyedia jasa termasuk UMKM yang melakukan aktivitas agar bisa menerima pelanggan dengan baik dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna mengantisipasi penularan Covid-19.

Soal tarif lanjut Sarbin, tidak akan menjadi masalah karena STQ merupakan momentum untuk para pelaku mendapatkan keuntungan.

"Kalau soal harga naik itu mungkin hal biasa dan yang penting itu untuk masyarakat bukan untuk pejabat," pungkasnya.

Dari pantauan RRI, ada sejumlah lokasi tempat sudah disiapkan pemerintah kepada para pelaku UMKM salahsatunya didepan gedung DPRD Provinsi Malut yang selalu ramai pada sore hingga malam harinya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00