Arie Andrasyah Isa: BI di Ruang Publik Nyaris Tergeser oleh Bahasa Asing

KBRN, Taliabu: Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara, Arie Andrasyah Isa mengatakan, penggunaan bahasa Indonesia saat ini dalam kondisi memprihatinkan. Hal itu dapat disaksikan di ruang-ruang publik, bahasa Indonesia nyaris tergeser oleh bahasa asing.

"Ruang publik yang seharusnya merupakan ruang yang menunjukan identitas keindonesiaan melalui bahasa Indonesia ternyata sudah disesaki oleh bahasa asing," kata Arie dalam kegiatan Peningkatan Kemahiran Berbahasa bagi Tenaga Pengajar SMP/sederajat dan SMA/sederajat di Kabupaten Pulau Taliabu, Selasa (16/8/2022).

Di sisi lain, kata dia, mutu penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai ranah, baik ranah kedinasan, pendidikan, jurnalistik, ekonomi maupun perdagangan juga belum membanggakan. Di dalam berbagai ranah tersebut, campur aduk penggunaan bahasa masih terjadi.

Oleh karena itu, ditempuh upaya untuk meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa Indonesia dan peningkatan mutu penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai ranah. 

"Upaya ini dilakukan agar kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, baik bahasa nasional maupun bahasa negara selalu diutamakan," ucap Arie.

Kegiatan Peningkatan Kemahiran Berbahasa bagi Tenaga Pengajar di Pulau Taliabu sendiri menghadirkan 60 peserta yang merupakan guru SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Kegiatan ini memiliki tujuan meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia bagi tenaga pengajar

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar