Raih Posisi Daerah Berinovasi Terbaik di Malut, Pemkab Halbar Gelar Sosialisasi

KBRN, Jailolo: Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) melaksanakan sosialisasi gelar inovasi daerah. Kegiatan dengan tema "Inovasi Kunci Keberhasilan Daerah" berlangsung di ruang rapat BP3D, pada Senin (8/8/22). 

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Syahril Abd Radjak yang dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat serta kepala desa Kabupetan Halmahera Barat.

“Halbar saat ini sudah meraih posisi yang baik di Maluku Utara sebagai salah satu daerah yang menonton. Karena itu Ketua berharap dapat dipertahankan, bila perlu ditingkatkan,” ucap Sekretaris Daerah Halbar, Syahril Abd Radjak yang juga Tim Inovasi Daerah, dalam sambutan.

Dengan predikat itu, kata Syahril, dirinya berharap semua unsur pimpinan SKPD, camat dan para kepala desa harus mampu berpikir inovatif, sehingga dalam level-level tertentu kalau sudah berpikir inovatif maka mereka akan mudah menyelesaikan problem atau masalah dalam unit yang dipimpin. Akan lebih mudah dan lebih hemat karena ia sudah berfikir inovatif.

Mantan Kepala BPKD ini mengatakan, “Pimpinan OPD sekarang ini dituntut berpikir inovatif. Jika tidak maka akan terjebak dengan rutinitas yang ada. Dan akan begitu-begitu saja, tidak ada kemajuan. Apabila sudah berpikir inovatif maka suatu organisasi yang dipimpin itu akan berkembang, dan apabila semua OPD itu berpikir bersama maka daerah ini akan maju," pungkasnya.

Syahril juga berharap, semoga dengan mengikuti diklat ini, wawasan mereka yang tadi hanya berpikir pada hal-hal yang kecil ternyata mereka punya kemampuan itu bisa lebih besar, sehingga dengan kegiatan ini semua SKPD bisa berpikir yang lebih cerdas dan lebih maju lagi.

Sementara Kepala BP3D Halbar Soni Balatjai menjelaskan, inovasi daerah sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah didefinisikan sebagai semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Inovasi daerah pada hakikatnya ditunjuk untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintah daerah secara optimal demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah," katanya.

Menurut Soni, gelar inovasi daerah merupakan strategi pemerintah daerah untuk mencapai kualitas pembangunan yang dapat menyejahterakan masyarakat. 

“Hal ini juga didesain dengan model kompetisi untuk memicu dan memacu inovasi perangkat daerah melakukan perbaikan kinerja dan kualitas pelayanan publik,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar