Saksikan Tarian Cakalele Ala Suku Tobelo Dalam di Expo Kepolisian dan UMKM

Foto Bersama Faris Bobero (tengah) Dengan Suku Tobelo Dalam di Hutan Halmahera (Dok: winnetnews.com)

KBRN, Ternate: Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) akan menampilkan tarian tradisional cakalele yang merupakan tarian perang untuk menggusur Portugis diwilayah Maluku Utara (Malut) pada jaman itu.

Tarian tradisional cakalele yang akan ditampilkan di panggung utama expo teknologi kepolisian dan UMKM di lapangan Salero Ternate ini akan dibawakan langsung oleh suku Tobelo Dalam atau yang biasa disebut suku Togutil.

Kapolres Haltim, AKBP Edy Sugiharto, saat dikonfrimasi RRI, Rabu (6/7/2022) di stand Polres Haltim lokasi expo mengatakan, penampilan tarian cakalele yang dibawakan oleh suku Tobelo dalam di pangung utama expo tersebut, sesuai dengan permintaan Kapolda Malut, Irjen (Pol) Risyapudin Nursin.

“Pak Kapolda yang minta mereka untuk bisa ditampilkan pada saat expo, makanya kita (Polres Haltim) akan menampilkan mereka untuk meramaikan expo dalam rangka hari Bhyangkara ke-76,” ungkapnya.

Kapolres bilang, jumlah peserta tarian cakalele dari Suku Tobelo dalam, kurang lebih 15 sampai 20 orang yang didatangkan langsung dari Haltim.

“Insya Allah mereka akan tampil pada tanggal 9, pukul 16:00 Wit di lapangan Salero,” tuturnya.

Menurutnya, perlengkapan berupa salawaku maupun parangdan tombak serta pakaian akan dibawa langsung oleh suku Tobelo dalam yang didatangkan langsung dari Haltim.

“Kalau peralatan kita tidak sediakan, karena itu mereka yang bawa langsung,” tuturnya.

Edy menyebut, tarian tradisional yang akan ditampilkan tersebut merupakan bagian dari pesan berantai atau pesan yang tidak terputus untuk selalu menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

“Mereka kita akan tampilkan supaya mereka juga bisa lebih berbaur dengan masyarakat,” katanya.

Kehadiran suku Tobelo dalam diluar Haltim kata Edy, bukan kali pertama, karena para peserta ini sudah beberapa kali tampil di kediaman Kapolda Malut di Ternate.

“Mereka sudah pernah membawakan tarian cakalele di kediaman bapak Kapolda, dan ini bukan kali pertama mereka tampil di luar Haltim,” pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar