SK PAW Satu Anggota Dewan Telah Diterima DPRD Halbar

KBRN, Jailolo: DPRD Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) telah menerima Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku Utara tanggal Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Fraksi Hanura, Tamin Ilan Abanun. 

Pengusulan Partai Hanura, posisi Tamin akan diganti oleh Hardi Hayun yang memperoleh suara terbanyak kedua, yang diputuskan melalui rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Halmahera Barat yang dipimpin Ketua DPRD Charles Gustan, dalam pembahasan terkait SK Gubernur, pada Selasa (5/7 /22). 

Wakil Ketua II DPRD, Riswan Hi.Kadam menuturkan, rapat itu dihadiri utusan lima fraksi dan telah disepakati akan dilakukan pelantikan. Meski begitu, sebelum pelaksanaan pelantikan memutuskan, DPRD lebih dulu melakukan konsultasi ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta. Pasalnya, Tamin menggugat pemecatannya dari Hanura ke PN.

“Setelah nanti kembali dari PN Jakarta, konsultasi seperti apa baru kemudian Badan Musyawarah menetapkan tanggal pelaksanaan pelantikan,” terangnya.

Riswan menegaskan, DPRD tidak pada posisi menghambat proses PAW. Hanya saja, bersamaan dengan SK Gubernur tersebut, Tamin juga mengajukan gugatan ke PN, sehingga menganggap menganggap penting untuk melakukan konsultasi lebih dulu ke PN.

“Intinya, kami tidak pada kepentingan menghalang-halangi hajatan internal Hanura. Setelah kami berkonsultasi dengan PN, barulah ditetapkan jadwal pelantikannya,” jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar