Kemenag Ternate: Sholat Idul Adha 10 Juli Ikuti Pemerintah

Ilustrasi

KBRN, Ternate: Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ternate mengumumkan hari pelaksanaan Idul Adha 1443 H/2020, jatuh pada Minggu 10 Juli 2022.

Perubahan hari pelaksanaan Sholat Idul Adha khususnya di wilayah Kota Ternate tersebut dilakukan setelah sebelumnya Bagian Kesra Pemkot Ternate menyampaikan Shalat Idul Adha 1443 H jatuh pada Sabtu 9 Juli.

Kepala Kantor Kemenag Kota Ternate, Amir Tomagola mengatakan, pihaknya sebagai perwakilan Kenenag RU di Daerah akan tetap menindaklanjuti SK Menteri Agama KMA nomor: 668 tahun 2022.

“Jadi usai berkoordinasi dengan atasan di Kemenag Malut, maka diberikan petunjuk untuk mengeluarkan surat ederan melakukan sholat Idul Adha pada 10 Juli, yang bertempat di asrama Haji di Kelurahan Ngade,”katanya, Selesa (05/07/2022).

Amir mengungkapkan, surat edaran ini juga akan segara di edarkan kepada seluruh jajaran di lingkup Kantor Kemenag Kota Ternate.

“Jadi nanti sholat di asrama Haji Ngade, saya akan bertindak sebagai khatib dan imamnya adalah Harun Ginoni selaku Raisurya NU Malut,”jelasnya.

Menurutnya, jika ada himbauan juga dari Pemkot Ternate terkait hari pelaksanaan sholat idul adha ini, maka pihaknya  mengembalikan ke pihak masjid-masjid untuk memilih sholat pada hari Sabtu atau Minggu.

"Saya juga sudah undur diri dari khatib yang kemarin disepakati oleh Kesra Setda Kota Ternate, MUI Kota Ternate, PBHI Kota Ternate yang berlangsung di Kantor Walikota,”tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar