Pemprov dan Kanwil Kemenag Malut Laksanakan Shalat Idul Adha 10 Juli 2022

Rakor Pemprov dan Kanwil Kemenag Malut dipimpin Sekprov Samsuddin A Kadir.(Foto: Mukti/RRI)

KBRN, Sofifi: Pemerintah Provinsi Maluku Utara bersama Kanwil Kementerian Agama menggelar Rakor terkait polemik waktu shalat Idul Adha 1443 Hijriah atau 2022 Masehi. 

Hadir dalam Rakor tersebut Sekda Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir. Karo Kesra Rahma Hasan, Karo Adpim Rahwan K Suamba, serta Ketua BKM Provinsi Maluku Utara di Sofifi, Selasa (5/6/2022).

Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa, penentuan Hari Raya Idul Adha adalah urusan absolut pemerintah pusat, bukan urusan yang didelegasikan secara otonom kepada daerah. 

“Jadi tidak ada kewenangan pemerintah daerah, meskipun punya ilmu untuk menentukan,”ujar Samsuddin kepada rri.co.id, usai Rakor 

Untuk itu, demi menyamakan persepsi dan menghentikan polemik terkait waktu pelaksana Shalat Idul Adha yang telah diterapkan Kementerian Agama di 10 Juli 2022, pihaknya akan membuat Surat Edaran Gubernur. 

Surat Edaran tersebut kata Samsuddin dimaksudkan untuk mengingatkan kembali bahwa harus mematuhi apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat Salama hal ini Menteri Agama. 

Menurutnya, Menteri Agama tentu tidak menetapkan dengan sepihak, akan tetapi menempatkan orang-orang untuk melakukan rukyatul hilal di 34 Provinsi. 

Hasil pantauannya di tanggal 29 Zulkaidah belum terlihat hilal sehingga belum ada tanggal 1 Zulhijah sehingga Zulkaidah digenapkan 30 hari.

“Jadi tanggal 1 Zulhijah 1443 Hijriah masuk di tanggal 1 Juli 2022 Masehi. Sehingga kalau ada yang mengatakan bahwa terjadi perbedaan tanggal perbedaan shalat kita dengan Makkah maka tidak, kita sama-sama tanggal 10 Zulhijah,”imbuhnya 

Sementara, Plh. Kakanwil Kemenag Maluku Utara, H. Amar Manaf mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan jajarannya dalam hal ini Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku Utara, terkait waktu perayaan Hari Raya Idul Adha 1443 H, termasuk di dalamnya Sholat Ied.

H. Amar menjelaskan terkait Keputusan Meteri Agama Nomor 668 Tahun 2022 tentang penetapan 1 Zulhijjah dan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1443 H/2022 M.

“Pemerintah Melalui Kementerian Agama telah menetapkan 1 Zulhijjah 1443 H jatuh pada hari Jum'at tanggal 1 Juli 2022, dengan demikian maka Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Zulhijah 1443 H, atau pada hari Ahad, 10 Juli 2022,"pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar