Terlibat Penyelundupan Kendaraan dari Sulut, Kapolda: Proses Hukum Oknum Polisi Tidak Ada Tawar Menawar

Kapolda Maluku Utara, Irjen (Pol) Risyapudin Nursin (Dok: Koko for RRI)

KBRN, Ternate: Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara (Malut), Irjen (Pol) Risyapudin Nursin memastikan, oknum anggota yang diduga terlibat dalam penyelundupan kendaraan illegal dari Sulawesi Utara (Sulut) ke Provinsi Maluku Utara melalui jalut laut tetap diproses susuai dengan aturan yang berlaku.

Kasus penyelundupan kendaraan tanpa dokumen tersebut, diungkap tin Reserse Mobile (Resmob) Ditreskrimum Polda Malut saat diturunkan dari kapal Ferry di pelabuhan Ferry Basiong Ternate dengan tujuan Bitung-Ternate.

Baca juga: Polda Sulut Terima Kendaraan Hasil Kejahatan yang Diungkap Ditreskrimum Malut

Kapolda juga menegaskan, oknum anggota yang diduga terlibat tersebut saat ini sudah dilakukan pemeriksaan secara marathon di Propam Polda Malut.

“Terus kita proses terhadap anggota yang diduga terlibat, karena melakukan jual beli motor tanpa dokumen,” tegas Kapolda Irjen (Pol) Risyapudin Nursin saat dikonfrimasi RRI, Selasa (5/7/2022).

Kapolda juga menyatakan, dalam kasus penyelundupan kendaraan illegal yang diungkap tersebut, selain oknum anggota Polisi, pihaknya juga menemukan adanya dugaan keterlibatan oknum anggota TNI.

“Yang polisi kita tetap proses dan itu masih berjalan, kalau untuk yang oknum TNI sudah saya serahkan ke Danrem dan POMnya dan dip roses juga,” tegasnya lagi.

 Baca juga: Polda Ungkap Keterlibatan Oknum di Penyelundupan Kendaraan Ilegal dari Sulut

Kapolda juga menyatakan, selain proses di Propam, oknum anggota polisi yang diduga terlibat tersebut juga akan diproses dalam pidana umum.

“Pokonya saya akan tegas disitu, tidak ada tawar menawar dengan saya,” akunya.

Kapolda bilang, untuk sanksi disiplin atau kode etik masih belum bisa diputuskan karena masih diproses.

“Dilihat dulu, kalau misalnya nanti dia cara memperolehnya, tapi kalau penada sudah diporses disana, karena kita selalu intens koordinasi dengan Polda Sulut,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar