Lounching Klinik KB Andalan DPPKB Tandai Peringatan HARGANAS Kota Ternate

Suasana Ramah Tamah Peringatan HARGANAS Tingkat Kota Ternate di Aula Sultan Babullah Kantor Walikota Ternate (Dok.RRI)

KBRN, Ternate : Ramah Tamah Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-29 Tingkat Kota Ternate dilaksanakan pagi tadi di Aula Sultan Babullah Kantor Walikota Ternate ditandai dengan Penandatanganan Prasasti Lounching Klinik KB Andalan DPPKB Kota Ternate oleh Walikota M. Tauhid Soleman.

Peringatan HARGANAS Tingkat Kota Ternate dengan tema Ayo Cegah Stunting agar keluarga bebas stunting tersebut berlangsung sederhana namun meriah juga diisi dengan pembacaan ikran Percepatan Penurunan Stunting oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Ternate serta pemberiaan penghargaan juga diisi dengan berbagai atraksi tarian.

Walikota Ternate M. Tauhid Soleman mengatakan, terjadinya stunting tidak hanya dari aspek kesehatan tetapi terkait dengan kondisi ekonomi prilaku dan budaya serta kondisi lingkungan masyarakat. Jika masyarakat sejahtera secara ekonomi maka kebutuhan gizi keluarga akan terpenuhi serta mengatur kelahiran melalui perencanaan ber-KB dan reproduksi sehingga keluarga dan anak-anak akan berkembang dengan baik dan terhindar dari stunting.

Dalam melakukan percepatan stunting di Kota Ternate kata M. Tauhid Soleman Pemerintah Kota Ternate melakukan upaya strategi melalui OPD terkait seperti melakukan perbaikan gizi, perbaikan sanitasi, air bersih, imunisasi, program keluarga harapan, pos yandu serta kampanye makan ikan dan lainnyayang terus mendukung percepatan penurunan stunting.

”Pemerintah Kota Ternate saat ini melakukan upaya penurunan stunting dengan melibatkan OPD terkait dengan berbagai program, sehingga dapat mendukung percepatan penurunan stunting,” ungkap M. Tauhid Soleman.

Pemerintah Kota Ternate melakukan pencegahan stunting dari hulu dengan melakukan pendampingan remaja dan calon  pengantin serta adanya regulasi daerah berupa Peraturan Walikota dalam aspek mengelola kehidupan berkeluarga berkualitas sebagai pembangunan kependudukan dalam menyiapkan aspek emas pada masa mendatang.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ternate dr. Fathiyah Suma mengatakan, pelaksanaan HARGANAS tahun ini masih dalam suasana Covid-19 dan peringatan ini juga mengingatkan seluruh rakyat akan pentingnya keluarga dalam pembangunan bangsa.

”Saat ini Indonesia diperhadapkan dengan masalah stunting dimana sesuai survey stutus gizi Indonesia tahun 2021 prevalensi stunting nasional berada pada posisi 24,4 persen, Maluku Utara 27 Persen dan Kota Ternate 24 persen, karena itu pemerintah targetkan penurunan stunting di tahun 2022 sebesar 14 persen, karena itu semua elemen dapat bersama-sama menurunkan angka stunting.

Pada peringatan HARGANAS Tahun 2022 yang dipusatkan di Medan Sumatera Utara pada tanggal 7 Juli 2022 dan Walikota Ternate juga menjadi salah satu dari 5 Walikota dan Bupati yang akan berdialog langsung dengan Presiden secara virtual sebagai bentuk apresiasi penghargaan BKKBN kepada Pemerintah Kota Ternate yang telah berjuang mengendalikan stunting dan membangun keluarga berkualitas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar