Sistem Sweping Program BIAN di Puskesmas Kalumata Ternate Berhasil

Kepala Puskesmas Kalumata Ternate dr. Khatimah Albaar (Dok.RRI)

KBRN, Ternate : Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang telah dilaksanakan selama 30 hari kerja selama bulan Juni 2022, namun hasil yang dicapai Kota Ternate jauh dari harapan dan baru mencapai 8 persen lebih.

Dari hasil pencapaian yang masih belum mencapai target akhirnya BIAN diperpanjang 30 hari kerja selama bulan Juli 2022, sehingga nantinya akan dapat mencapai target.

Selama kegiatan BIAN di Kota Ternate dari 10 Puskesmas baru Puskesmas Kalumata Ternate yang paling tinggi dalam pelaksanaan Imunisasi kepada anak 9 bulan sampai 12 Tahun.

Kepala Puskesmas Kalumata Ternate dr. Khatimah Albaar kepada rri.co.id Senin (4/7/2022) mengatakan, pada wilayah kerja Puskesmas ada 20 PAUD dan TK sebanyak juga serta 27 SD yang harus dilakukan pelayanan Imunisasi Campak Rubella.

”Memang dalam pelayanan selalu mendapat kendala. Namun kami tetap berusaha untuk dapat melaksanakan pelayanan Imunisasi Campak Rubella,” ungkap dr. Khatimah Albaar.

Untuk meningkatkan pencapaian imunisasi kata dr. Khatimah Albaar pihaknya menggunakan sistem swiping dengan door to door dari rumah ke rumah bersama lintas sektor terkait ketika melakukan sweping.

Dengan cara ini setiap hari pencapaian perhari 70 anak yang berhasil dilakukan imunisasi, karena setiap melakukan imunisasi lewat sweping terlabih dahulu menyampaikan ke RT atau TW juga Lurah dan kemudian mereka bersama-sama didampingi Babinsa dan Babinkamtibmas.

Perpanjangan waktu pelaksanaan BIAN dalam 30 hari ke depan akan diupayakan menggunakan sistem sweping dan dukungan lintas sektor diharapkan akan dapat mencapai sasaran target Program BIAN di Kota Ternate.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar