Sekprov Malut ke ASN DPRD: Core Values BerAKHLAK Sebagai Pondasi ASN

Bimtek Peningkatan Kapasitas ASN Lingkup Selretariat DPRD Malut.(Foto: Didi/RRI)

KBRN, Ternate: Sekretariat DPRD Maluku Utara (Malut) menggelar Bimbingan Tektis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas ASN di Auditorium Universitas Khairun Ternate, Senin (4/7/2022).

Bimtek tersebut tentu dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkup Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Menurut Sekretariat Daerah, Drs. Samsuddin A Kadir, ketika berbicara tentang kapasitas ASN maka akan merujuk pada konsep ASN BerAKHLAK. Nilai-nilai ASN “Berakhlak" merupakan fondasi bar bagi ASN demi terwujudnya satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. 

“Berakhlak” merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. 

Adanya Core Values AS ini sebagai sari dari nilai- nilai dasar AN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN. 

Dari akronim tersebut kata Samsuddin, semuanya memiliki makna yang sangat penting bagi kita sebagai seorang Aparatur Sipil Negara. 

“Namun, dalam kesempatan ini. saya ingin menekankan pada Tiga hal yang menurut saya harus melakat pada diri seorang ASN. Tiga hal yang saya maksud adalah beroritentasi pelayanan, Akuntabel dan Kompeten,”kata Samsuddin dalam sambutannya 

Dijelaskan bahwa nilai dasar “berorientasi pelayanan" diletakkan pada poin pertama. Mengingat bahwa ASN yang dulu dikenal sebagai abdi negara, sat ini bertransformasi menjadi pelayan publik. 

“Seorang ASN dituntut untuk  dapat memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Selalu bersikap ramah kepada siapa saja, terutama kepada masyarakat,”jelasnya 

Mantan Pj. Bupati Pulau Morotai ini mengingatkan, sebagai ASN Sekretariat DPRD, harus benar-benar memahami tugas dan fungsi yang ada pada Sekretariat DPRD. Sebab, Sekretariat Dewan mempunyai tugas pokok menyelengarakan administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD dan menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Selain itu, Sekretariat DPRD juga mempunyai tugas menyediakan dan mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan dprd dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. 

“Oleh karena itu, lakukanlah fungsi anda dengan sebaik mungkin sehingga tugas pelayanan dapat berjalan dengan baik dan lancar,”imbuhnya 

Sebelum mengakhiri sambutannya, Sekprov Malut meminta kepada seluruh ASN Sekretariat Dewan agar selalu membangun hubungan baik dengan para anggota DPRD. 

“Anda diberikan tanggungjawab untuk menjaga hubungan baik Pemerintah dengan DPRD maka diharapkan dapat memperhatikan setiap potensi kerenggangan yang mungkin terjadi dalam memberikan pelayanan,”pungkasnya 

Turut hadir dalam acara tersebut, Rektor Unkhair Ternate M. Ridha Adjam, Sekwan DPRD Malut Abubakar Abdullah, Kepala Biro Adpim Malut Rahwan K Suamba, dan sejumlah narasumber, serta ASN lingkup Sekretariat DPRD Malut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar