Balai POM Maluku Utara Edukasi Masyarakat Melalui Program Baronda

Balai POM Maluku Utara saat melakukan edukasi kepada masyarakat melalui program Baronda (Dok.Balai POM Malut)
Kepala Balai POM Maluku Utara Tri Wandiro (tengah) usai pelaksanaan edukasi masyarakat melalui program Baronda (Dok.Balai POM Malut)

KBRN, Ternate : Balai Pengawasan Obat dan Makanan (Balai POM) Provinsi Maluku Utara di Sofifi dalam memanfaatkan hari libur melaksanakan Program Baronda dengan menggunakan Mobil Laboratorium Keliling.

Program yang dilaksanakan sebulan di Sofifi maupun di Ternate dalam upaya memberikan KIE kepada masyarakat di sekitar keramaian seperti yang dilakukan Minggu (3/7/2022) di lapangan Sonyie Lamo Soasio Ternate dengan memberikan informasi kepada masyarakat tentang obat dan makanan.

Kepala Balai POM Provinsi Maluku Utara di Sofifi Tri Wandiro kepada rri.co.id mengatakan, dalam kegiatan jika ada masyarakat yang bertanya tentang obata dan makanan sekaligus diberikan informasi ke masyarakat serta menerima pengaduan masyarakat ataupun menerima masyarakat yang mau melakukan uji sample makanan yang dijual maupun akan dikunsumsi.

”Kami tidak melakukan sampling makanan maupun minuman tetapi jika ada masyarakat yang mau melakukan uji sampling parameter bahan berbahaya terhadap makanan maupun minuman kami akan layani,” ungkap Tri Wandiro.

Dalam KIE kepada masyarakat katan Tri Wandiro juga dilakukan pembagian pamflet kepada masyarakat dengan melibatkan duta kosmetik yang dimiliki Balai POM dimana mereka ini adalah mahasiswa yang telah dilakukan seleksi sebanyak 30 orang dan berhasil terpilih 3 orang yaitu terdiri dari 2 mahasiswa dan 1 siswa SMA.

Pada kesempatan itu juga dilakukan bincang-bindang dengan para duta kosmetik dengan latar belakang mobil laboratorium keliling.

Kegiatan ini sudah menjadi program tetap Balai POM yang direncanakan akan dapat dilakukan setiap bulan yang dilakukan di Sofifi maupun di Kota Ternate

Melalui kegiatan yang dilakukan ini diharapkan selain memperkenalkan mobil laboratorium keliling kepada masyarakat pada pusat keramaian, sehingga masyarakat akan dapat tereduksi terkait dengan Obat dan Makanan yang aman karena disiapkan meja untuk edukasi tentang obat dan makanan kemudian mendekatkan pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat dapat memperoleh edukasi obat dan makanan

Disampin itu juga apabila masyarakat memiliki laporan pengaduan terkait obat dan makanan dapat disampaikan dan kegiatan ini dilakukan pada hari libur dan pada pusat keramaian masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar