Pengisian BBM via Website 'mypertamina' Belum Berlaku di Maluku Utara

Antrean kendaraan di salah satu SPBU di Ternate. (Foto Asghar Saleh-Facebook)

KBRN, Ternate: Mulai hari ini, Jumat (01/7/2022) PT Pertamina (Persero) mulai menerapkan mekanisme baru yakni dengan cara pendaftaran BBM lewat website subsiditepat.mypertamina.id khusus untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Meski begitu, Executive General Manager, PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku, I Ketut Permadi Kuumara mengatakan untuk wilayah Papua Maluku sendiri hal ini belum diberlakukan mengingat implementasi pada tahap pertama masih dilakukan uji coba di wilayah Sumatra, Jawa, Sulawesi dan Kalimantan.

Namun menurutnya Pertamina sudah melakukan koordinasi lintas instansi dan dengan Pemerintah daerah setempat, sehingga harapannya saat diberlakukan kebijakan ini di Papua Maluku tidak ada kendala lagi di lapangan.

"Sosialisasi kepada masyarakat juga senantiasa kita lakukan agar masyarakat dapat teredukasi dengan baik,’’ ujar Ketut.

Ketut menambahkan, terkadang penyaluran Pertalite maupun Solar subsidi masih belum tepat sasaran. Hal ini dapat dilihat dari fakta di lapangan bahwa terdapat roda empat yang tidak sesuai dengan regulasi Peraturan Presiden No. 191/2014 mengisi dan berada pada jalur dispenser subsidi (Pertalite dan Solar).

Hal ini menyebabkan penyaluran BBM bersubsidi menjadi tidak tepat sasaran. Dan hal itu menjadi salah satu alasan penerapan pembelian BBM melalui website perlu diterapkan Pertamina.

“Pemilik kendaraan roda empat yang dikecualikan dalam Perpres 191/2014 seharusnya tidak boleh mengkonsumsi BBM bersubsidi, karena hal ini akan mempengaruhi kuota yang telah di berikan dan ditetapkan oleh Pemerintah untuk masyarakat yang memang berhak mendapatkannya. Jangan sampai anggaran besar yang telah dikeluarkan oleh pemerintah ini dinikmati oleh masyarakat yang tidak berhak,”  tegas Ketut

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar