Disperindag Ternate Lampaui Capaian Target PAD Pada Semester II

KBRN, Ternate: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Gsatu bulan mencapai Rp 1 Miliar karena terget yang ditetapkan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) selama dua semester Rp 12,5 Miliar. Dimana target Disperindag pada triwulan II (dua) pada 30 Juni 2022 mencapai Rp 5,8 Miliar.

“Pendapatan Disperindag pada tahap dua semester 1 mencapai Rp 5,8 Miliar,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperindag Kota Ternate, Muchlis Djumadil.

Menurut Muchlis, pendapatan Disperindag pada semester II telah melampui target yang ditetapkan oleh BP2RD. Namun, semester ini pihaknya masih berupaya hingga mencapai Rp 6 Miliar.

“Disperindag mengukur bahwa tiap bulan harus Rp 1 Miliar, sebab presentase tahap dua ini cuman Rp 5 Miliar sekian,” ujarnya.

Muchlis menargetkan, triwulan III itu harus mencapai Rp 9 Miliar. Namun menurut Muchlis, target ini diketahui saat terdaftar di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Kota Ternate.

“Tetapi kami tetap optimis harus mencapai target atau melebihi target yang telah ditetapkan,” ucapnya.

Michlis bilang, tahap II ini memang ada hambatan, karena Tahun 2022 Pemerintah akan membangun pusat kuliner di belakang Jatiland Mall Ternate.

“Jika kegiatan fisik tersebut sudah dilakukan tender dari perencanaan, dan masuk tahap pembangunan. Pastinya dilakukan relokasi pedagang.

Dikatakan, pedagang di sekitaran belakang Jatiland Mall Ternate itu sekitar 80, baik itu pedagang gorengan dan warung makan.

“Sehingga kami mencari lokasi baru buat mereka (pedagang) mau itu di Benteng Oranje atau Kota Baru. Kalau diizinkan. Kalau mereka tidak berjualan berati kita tidak dapat pendapatan. Maka kami harus mencari lokasi baru untuk para pedagang,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar