Dua Camat di Morotai Dilantik Sebagai PPATS

KBRN, Morotai: Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pulau Morotai, Armansyah Badaruddin, resmi melantik Dua Camat sebagai pejabat pembuat akta tanah sementara (PPATS) di Pulau Morotai, bertempat di ruang aula lantai dua Kantor Bupati, Jumat (1/7/22).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berdasarkan surat keputusan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Maluku Utara Nomor: 80/SK-82.HP.02/VI/2022, tentang penunjukan Camat sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara.

Kedua pejabat pejabat akta tanah sementara yang baru dilantik yakni Camat Morotai Selatan, Nurhayati Taher, dan Camat Pulau Rao, Laurina Maarontong.

Kepala BPN Pulau Morotai, Armansyah Badaruddin dalam sambutan menuturkan, kedua pejabat pembuatan akta tanah yang baru dilantik diharapkan dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik dan profesional untuk menghindari permasalahan-permasalahan yang biasanya timbul dikemudian hari.

“Kita tahu saat ini banyak sekali permasalahan yang terjadi, khususnya di bidang pertanahan, baik sengketa batas, sengketa kepemilikan dan lainya,” ujar Armansyah.

Armansyah mengatakan, saat ini pejabat pembuat akta tanah sementara di Pulau Morotai sudah berjumlah tiga orang, setelah adanya pelantikan ini.

“Sebelumnya semua kegiatan pertanahan pelayanan yang dilakukan untuk bidang-bidang tanah yang belum bersertifikat, baik itu peralihan haknya, hak tahunan, proyek dan sebagainya itu dilaksanakan di Halmahera Utara, namun sekarang tidak lagi,” jelasnya.

Armansyah bilang, sekarang ini semua kegiatan yang harus dilaksanakan sudah dapat dilaksanakan di Morotai.

“Saya berpesan kepada pejabat pembuat akta tanah, agar dalam melaksanakan wajib berhati-hati,” pesannya.

Menurut Armansyah, ada beberapa hal yang harus dikoordinasikan dengan pertanahan dan juga terkait pelayanan yang memang juga tupoksi buat pejabat pejabat akta sementara.

“Ini kantor pertanahan dilaksanakan secara digital, dalam hal ini layanan tabungan atau pelayanan pengecekan. Itu semua sudah dilaksanakan secara digital,” pungkasnya.

hadir, acara pelantikan yang dihadiri oleh Plt. Sekda Pulau Morotai, F. Revi Dara, Asisten I Setda Morotai, Muhlis Baay, sejumlah pimpinan OPD, para Kabag serta Staf kedua Kantor Camat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar