Gubernur Malut dan Menteri Perhubungan Bahas Skema Pembiayaan Infrastruktur

Gubernur AGK dan Menhub Budi bahas skema pembiayaan instrastruktur perhubungan.(Foto: Kepala Penghubung Jakarta).

KBRN, Sofifi: Gubernur Maluku Utara (Malut), KH. Abdul Gani Kasuba (AGK) menemui Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya Sumadi di Jakarta, Rabu (25/5/2022). 

Dalam kunjungan kerja itu, orang nomor satu di Pemprov Malut ini didampingi Kepala Penghubung Pemprov Malut di Jakarta, KRNS Lestari. 

Kadis Perhubungan Malut, Armyn Zakaria menjelaskan, pertemuan tersebut membahas skema pembiayaan infrastruktur perhubungan di Maluku Utara. 

Salah satu alternatif pembiayaan proyek adalah dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

“Dengan skema ini pihak swasta atau investor yang akan membangun proyek milik pemerintah, selanjutnya pemerintah akan membayar dengan sistem mencicil,”ujar Armyn kepada RRI, Kamis (26/5/2022). 

Armyn mengakui, skema terebut jauh lebih baik mengingat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) belum sanggup untuk membiayai semua kegiatan yang direncanakan pemerintah daerah.

Bahkan, mantan juru bicara Pemprov Malut ini meyakini proyek yang dibangun dengan skema ini akn lebih berkualitas dan selesai dalam waktu yang tidak lama. 

“Kalau kita berharap APBD dan APBN murni akan butuh waktu lama. Sehingga pertemuan pak Gubernur dan Pak Menteri ini akan kami tindaklanjuti sesuai arahan,”ungkapnya 

Dia bilang, terdapat sejumlah infrastruktur perhubungan di Sofifi yang akan ditawarkan ke pihak investor, seperti pelabuhan, terminal, dan bahkan Bandara.

“Penawaran tersebut nanti dinilai dan ditentukan oleh investor proyek mana saja sanggup dibangun oleh mereka,”jelasnya 

Meski begitu, Armyn belum merinci item apa saja yang akan disiapkan untuk ditawarkan ke pihak investor. 

Tak hanya pembangunan fisik, skema KPBU juga termasuk membiayai pembuatan Master Plan, Desain, dan studi kelayakan sampai fungsional disiapkan oleh investor.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar