Gubernur Limpahkan Wewenang Pelantikan Pj Bupati Morotai ke Wagub

Kepala Biro Adpim Setda Malut, Rahwan K Suamba.(Foto: Yudi/RRI)

KBRN, Sofifi- Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) telah menjadwalkan pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Pulau Morotai pada Jumat (27/5/2022) pukul 15:00 Wit.

Hal itu menyusul keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.82-1150 dan Nomor 132 82-31151 Tg/ 12 Mei 2022 Tentang Pemberhentian Bupati Dan Wakil Bupati Pulau Morotai.

Namun, pejabat yang akan melantik M. Umat Ali sebagai Pj. Bupati Pulau Morotai, Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba, melainkan Wakil Gubernur M. Al Yasin Ali. 

Kepastian itu dapat dilihat dari Surat Pelimpahan Wewenang dari gubernur gubernur yang dikeluarkan pada 24 Mei 2022. 

Di dalam surat tersebut dijelaskan, bahwa Gubernur sementara berada diluar daerah dengan agenda dengan sejumlah kementerian, serta melakukan pengecekan kesehatan ruti.

“Iya benar (surat pelimpahan wewenang), kadi pak Wagub yang akan melantik Pj. Bupati Pulau Morotai,” kata Kepala Biro Adpim Setda Malut, Rahwan K Suamba dikonfirmasi RRI, Rabu (25/5/2022) .

Meski begitu, Rahwan menegaskan proses pelantikan tetap berjalan sesuai ketentuan. Rencananya geladi kotor akan digelar pada Kamis 26 Mei 2022 pukul 16:00 Wit. Kemudian dilanjutkan geladi bersih keesokan harinya pukul 08:00 Wit.

Untuk para tamu, Pemprov undangan Forkopimda Malut, Forkopimda Pulau Morotai, dan tamu undangan lain yang berkepentingan.

“Undangan terbatas, jadi masyarakat yang ingin menyaksikan lewat live streaming nanti dibagikan linknya,”pungkas Rahwan (*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar