Kejari Ternate Didesak Usut Tuntas Pelanyalahgunaan Dana Covid

Nurul Mulyani, Advokat Maluku Utara (Dok: RRI)

KBRN, Ternate: Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate diminta mengusut tuntas kasus penyalahgunaan anggaran Covid-19 Kota Ternate senilai Rp22 miliar tahun 2021.

Desakan tersebut disampaikan langsung Advokat Maluku Utara (Malut) Nurul Mulyani setelah dilakukannya undangan wawancara terhadap sejumlah pejabat dan mantan pejabat dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate terkait dengan anggaran Covid-19 yang dilakukan pengumpulan bahan keterangan oleh Intelijen Kejari Ternate.

Nurul menegaskan, Kejaksaan juga harus membuka secara luas kasus tersebut karena anggaran yang digunakan merupakan anggaran tidak kecil yang dikucurkan pemerintah dalam situasi darurat bencana non-alam.

“Kejari Ternate harus mempercepat membuat terang kasus tersebut sehingga bisa menjadi terang,” ungkapnya.

Selain itu Nurul juga minta Kejari untuk membuka data penggunaan anggaran Rp14 miliar dari Rp22 miliar yang telah dipakai Satgas Covid-19 tahun 2021 di Kota Ternate.

“Harus dibuka, jangan simpan, karena anggaran itu adalah anggaran masyarakat terutama dalam situasi pandemi Covid-19,” katanya.

Meski begitu dirinya meyakini Kejari Ternate dibawah kepemimpinan Abdullah akan bekerja keras untuk mengusut kasus dugaan tindak pidana korupsi yang merugikan keuangan negara atau daerah.

“Kita jamin pak Kajari akan konsisten mengusut tuntas kasus tersebut, apalagi beliau adalah orang baru yang tentunya tidak ada kepentingan apa-apa di Ternate,” akunya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Ternate, Aan Syaeful Anwar secara terpisah mengatakan, kasus tersebut masih dalam tahap pengumpulan bahan dan keterangan dan sejumlah pejabat yang diundang masih sebatas undangan wawancara. 

“Undangan masih sebatas wawancara saja, karena kasus ini masih puldata dan pulbaket,” pungkasnya.

Untuk diketahui dalam kasus ini, tim penyelidik Kejari Ternate telah mengundang Kepla Dinas Kesehatan (Kadinkes) dan Bendahara Ternate, mantan Kepala BPBD Ternate dan Plt Kepala BPBD Ternate.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar