Pemkot Ternate Minta Pemprov Segera Tetapkan Biaya Embarkasi CJH

CJH Kota Ternate, Foto Antara.

KBRN, Ternate: Penetapan biaya embarkasi Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Ternate dan Kabupaten Kota lain di Maluku Utara hingga kini belum dikeluarkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara untuk musim haji 2022.

Kepala Bagian Kesra Kota Termate, Muhammad Ichsan kepada RRI, Senin (23/5/2022) mengatakan, penetapan besaran biaya embarkasi bagi CJH hingga saat ini belum ada.

"Hasil rapat kami kemarin dengan Kanwil Kemenag se Malut dan bagian Kesra,  peresntase embarkasi 60 persen tanggungjawab Kabupaten Kota, sedangkan 40 persen dari Pemprov, namun penetapanya belum ada hingga kini," ungkap Kabag Kesra Kota Ternate, Muhammad Ichsan.

Menurutnya, pengajuan anggaran biaya embarkasi CJH yang bersumber dari APBD masing-masing daerah harus ada surat keputusan dari Pemerintah Provinsi tentang besaran anggaran yang dibutuhkan baru bisa diusulkan ke Bagian Keuangan.

"Kami sudah menyiapkan anggaran untuk embarkasi CJH Kota Ternate, yang tahun ini kurang lebih sebesar 900 juta, yang mana bila biaya embarkasi per orang diatas 5 juta, makan Pemkot di kisaran 3 juta lebih dan 2 juta lebih merupakan tanggungjawab Pemprov," jelasnya.

Ichsan bilang, berdasarkan keputusan Kemenag dan Kemenkes, para CJH harus melakukan karantina selama 3 hari sebelum keberangkatan, yakni 2 hari di Asrama Haji Ngade Ternate, dan 1 hari di Makassar.

"Saya minta perhatian dari CJH maupun pihak keluarga agar protokol kesehatan tetap kita jalankan dengan jalan menghindari kontak dengan kerabat, keluarga maupun tetangga," harapnya.

Untuk JCH Kota Ternate di tahun ini merupakan yang terbanyak dari Kabupaten Kota lain di Maluku Utara yakni sebanyak 121 orang yang tergabung dalam kloter 11 dan 12.

"Untuk jadwal karantina Kloter 11 di Asrama Haji Ngade selama dua hari yakni pada tanggal 23 hingga 24 Juni, sorenya ke Makassar dan di 25 subuh sudah terbang ke Jeddah Arab Saudi," jelasnya.

Sedangkan kloter 12, masuk ke Asrama Haji Ngade pada tanggal 24 hingga 25 Juni, dan sorenya sudah langsung bertolak ke Makassar serta gratis biaya makan maupun nginap. Namun penetapan Kloter JCH Kota Ternate masih menunggu penetapan Pemprov.

"Untuk seremoni pelepasan CJH Kota Ternate akan dilakukan oleh Walikota namun tempatnya kemungkinan di Aula Kantor Walikota Ternate, sedangkan pelepsan CJH Malut semuanya dilakukan di Asrama Haji Ngade," pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar