Balai Karantina Pertanian Ternate Waspada Penyakit Mulut dan Kuku Hewan

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate Yusup Patiroy (Dok.RRI)

KBRN, Ternate : Pengawasan terhadap penyakit mulut dan kuku hewan agar tidak sampai masuk ke Maluku Utara, saat ini Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Ternate tingkatkan pengawasan terhadap semua pintu masuk komoditas yang menjadi penularan penyakit .

Penyakit mulut dan kuku pada hewan yang saat ini menyerang beberapa daerah di Indonesia, untuk Provinsi Maluku Utara terutama di Ternate dan sejumlah Kabupaten Kota lainnya juga telah melakukan antisipasi.

Penyakit yang terjadi pada hewan seperti Sapi, Kerbau, Kambing, Domba dan hewan lainnya dilakukan pengawasan dan antaisipasi agar penyakit tersebut tidak sampai masuk ke Maluku Utara.

Kepala Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas II Ternate Yusup Patiroy kepada rri.co.id Sabtu (21/5/2022) mengatakan, sebagai daerah yang masih negatif penyakit mulut dan kuku pada hewan harus terus dilakukan pengamanan ketat pada setiap pintu masuk.

Penyakit ini menyerang hewan yang kuku belang seperti Sapi, Kuda, Kerbau, Kambing, Domba juga Babi, sehingga harus tingkatkan kewaspadaan agar penyakit ini tidak sampai masuk ke Maluku Utara.

”Untuk Maluku Utara banyak ternak yang dikeluarkan ke daerah lain bukan pemasok sehingga ini juga dapat menguntungkan bagi daerah ini namun demikian harus tetap meningkatkan kewaspadaan,” ungkap Yusup Patiroy.

Dengan adanya kasus mulut dan kuku pada hewan kata Yusup Patiroy. pihaknya lebih fokus terhadap kasus ini dengan meningkatkan pengawasan terhadap komoditi yang dapat menjadi penular terhadap penyakit ini.

Kepada peternak hewan juga masyarakat di minta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan penyakit mulut dan kuku pada hewan serta selalu memelihara dan meningkatkan kesehatan hewan sehingga tidak tertular penyakit tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar