Penuhi Anggaran POPDA, Dua Program Dispora Ternate Digeser

Kepala Dispora Kota Ternate, Sutopo Abdullah (Foto: istimewa)

KBRN, Ternate: Untuk penambahan anggaran Pekan Olahraga Darrah (POPDA) tahun 2022 di Kabupaten Halmahera Tengah, terpaksa dua program kegiatan pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate digeser.

Pergeseran program tersebut telah dibahas oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah bersama Badan Anggaran DPRD Kota Ternate, Selasa (17/5/22) di ruang eksekutif DPRD Ternate.

Kepala Dispora Kota Ternate, Sutopo Abdullah menyatakan, langkah atau kebijakan yang diambil ini setelah diketahui pembiayaan POPDA masih kurang. Maka dengan Ikhtiar tersebut pihaknya kemudian mengusulkan perubahan program kegiatan kepada Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

“Jadi program kegiatan di internal Dispora yang di geser yaitu, Program pengembangan kapasitas daya saing kepemudaan, dan program pengembangan kapasitas daya saing keolahragaan. Ini dilakukan agar menutupi selisih pembiayaan POPDA tahun ini. Ini juga tidak menambah atau mengurangi pos anggaran di Dispora,” jelasnya.

Menurut Sutopo, estimasi pembiayaan POPDA 2022 hanya senilai Rp 700 juta, dan besaran ini diklaim kecil dalam membiayai seluruh kegiatan, termasuk para bonus atlet.

“Setelah kita kalkulasi terakhir itu memakan anggaran senilai Rp 1,1 miliar. Jumlah ini kemudian kami usulkan untuk diakomodir, walaupun masih kurang, dan dari anggaran itu, ada penambahan lagi Rp200 juta, jadi totalnya menjadi Rp1,3 miliar,” katanya.

Sementara Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailusy mengatakan, pergeseran anggaran yang dilakukan ini tidak sama sekali mempengaruhi APBD, apalagi membebankan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar