Peringati Waisak Umat Budha di Maluku Utara Lakukan Puja bakti di Tiga Vihara

Umat Budha di Kota Ternate saat melakukan ibadah di di Vihara Nurani Maitreya (Dok.RRI)
Suasana Umat Budha di Kota Ternate saat melakukan ibadah di di Vihara Nurani Maitreya (Dok.RRI)
Umat Budha di Kota Ternate usai melakukan ibadah di Cetiya Dhamma Sambhava (Dok.RRI)

KBRN, Ternate : Umat Budha di Provinsi Maluku Utara terutama yang ada di Kota Ternate Senin (16/5/2022) melaksanakan Perayaan Hari Waisak 2566 BE (Buddhist Era) atau tahun Budha pada tiga Vihara yang ada di Kota Ternate.

Sejak pagi hingga sore umat Budha melaksanakan perayaan hari Waisak yang puncaknya dilaksanakan pada jam 13.00 WIT dipusatkan di Vihara Cetiya Dhamma Sambhava di lantai tiga Corner Palace Hotel Ternate.

Pembimas Budha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara Marsam kepada rri.co.id Senin (16/5/2022) mengatakan, sebelum merayakan Hari Waisak umat Budha telah melakukan Sebulan Pendalaman Dhama dengan melaksanakan atthasila atau Puasa.

”Dalam melaksanakan moderasi beragama pihaknya juga melakukan pembagian takjil ke panti asuhan yang ada di Kota Ternate juga kemarin melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Banau Ternate sebagai bentuk mengenang jasa para pahlawan serta hari ini melaksanakan peringatan detik-detik Waisak disaat Budha Gauthama mencapai penerangan agung,” ungkap Marsam.

Sementara itu Ketua Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) Provinsi Maluku Utara Gunawan Munandar Liem mengatakan, umat Budha di Kota Ternate pada hari Waisak melaksanakan Puja Bakti pada pagi hari di Vihara Nurani Maitreya kemudian detik-detik Waisak dilaksanakan Puja Bakti di Cetiya Dhamma Sambhava yang berada di lantai tiga Corner Palace Hotel Ternate dan sore hari dilaksanakan Puja Bakti di Vihara Tantrayana Maliaro Ternate.

Pada perayaan Waisak 2566 BE (Buddhist Era) ini juga pada tanggal 22 Mei 2022 nanti akan dilaksanakan pula kegiatan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada yang membutuhkan serta pada tanggal 6 Juni 2022 mendatang akan dilaksanakan pula kegiatan Dharma Santi Waisak yang akan diisi dengan perayaan lagu dan tari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar