Kakanwil Kemenag Malut Minta Jemaah Calon Haji Gunakan Asrama Haji Ternate

Suasana rapat koordinasi persaiapan pelaksanaan ibadah Haji (Dok.Kemenag Malut)

KBRN, Ternate : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara H. Sarbin Sehe minta seluruh Jemaah Calon Haji dari Kabupaten dan Kota di Maluku Utara agar dapat menggunakan fasilitas Asrama Haji Transit Ngade Ternate dalam pelaksanaan haji musim haji tahun 1443 Hijriah 2022 Miladiyah.

Pada masa pandemi yang saat ini masih belum berakhir maka kesehatan harus benar-benar dijaga dengan baik sehingga Jemaah Calon Haji harus perlu menjaga Kesehatan dengan demikian Asrama Haji Transit Ngade Ternate yang memiliki fasilitas sesuai standard kesehatan juga system pelayanan dan pengawasan yang cukup ketat untuk melindungi Jemaah Calon Haji agar terhidar dari Covid-19.

Menjadi syarat utama bagi Jemaah Calon Haji yang akan berangkat menunaikan ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah atau Arab Saudi harus bebas dari pandemic Covid-19.

Hal itu disampaikan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara H. Sarbin Sehe pada Rapat Koordinasi bersama Pihak terkait dalam rangka penyelengaraan Ibadah Haji musim haji tahun 1443 Hijriah 2022 Miladiyah di Aula Asrama Haji Transit Ngade Ternate.

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara H. Sarbin Sehe usai rapat kepada rri.co.id Sabtu (14/5/2022) mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap kebijakan Pemda Provinsi Maluku Utara juga Kabupaten dan Kota terhadap kebijakan pembiayaan penyelengaraan haji dimana dilakukan skema 60 persen ditanggung Pemda Kabupaten Kota dan 40 persen ditanggung Pemda Provinsi Maluku Utara.

”Saya memberikan apresiasi kepada Pemda Provinsi Maluku Utara juga Kabupaten Kota yang telah melakukan kebijakan dalam pembiayaan penyelengaraan haji melalui skema 60 persen ditanggung Pemda Kabupaten Kota dan 40 persen ditanggung Pemda Provinsi Maluku Utara,” ungkap H. Sarbin Sehe.

Kepada Pihak KKP Ternate H. Sarbin Sehe juga memberikan apresiasi karena akan berupaya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terakhir terhadap Jemaah Calon Haji Maluku Utara di Asrama Haji Tranasit Ngade Ternate yang sebelumnya selalu dilakukan di Asrama Haji Sodiang Makassar tetapi dilakukan pemeriksaan di Ternate.

Disamping itu juga disampampaikan apresiasi terhadap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara khususnya Dinas Kesehatan Kabupaten Kota yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan kepada Jemaah Calon Haji di masing-masing Kabupaten Kota.

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) yang juga Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Maluku Utara H. Amar Manaf diikuti Kepala Biro Kesra Maluku Utara dan Kabag Kesra Kabupaten Kota, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara dan Kabupaten Kota, Kabid Penyelanggara Haji dan Umroh (PHU), para Kepala Kantor Kemenag dan Kasi PHU Kabupaten Kota serta Kepala KKP Ternate membahas tentang progres persiapan penyelenggaraan Ibadah Haji diantaranya biaya Embarkasi dan Debarkasi, Biaya Lokal Penyelenggaraan, Pelayanan Kesehatan Jemaah Calon Haji, Transportasi Haji serta berbagai hal menyangkut dengan persiapan keberangkatan ibadah haji.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar