BMKG Prediksi Malut Masih Cuaca Ekstrim Hujan Lebat Hingga Tiga Hari ke Depan

KBRN, Ternate : Cuaca ekstrim hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan terjadi di wilayah Maluku Utara sehingga masyarakat diminta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan.

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate memprediksi kondisi cuaca ekstrim ini masih akan terjadi hingga tanggal 18 Mei 2022 mendatang.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate melalui Kasi Data dan Informasi Setiawan Sri Raharjo kepada rri.co.id Sabtu (14/5/2022) mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi pada siang hingga malam hari akibat adanya pertemuan masa udara dari wilayah Maluku Utara juga adanya penguatan suhu muka laut di wilayah Laut Maluku masih meluas, sehingga memicu masih tingginya curah hujan.

”Kondisi cuaca ekstrim ini juga adanya pertumbuhan awan konvektif yang masih kuat di wilayah Maluku Utara,” ungkap Setiawan Sri Raharjo.

Cuaca ektrim yang terjadi dengan tingkat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Maluku Utara kata Setiawan Sri Raharjo hendaknya masyarakat harus senantiasa dapat meningkatkan kewaspadaan, sebab dengan kondisi ini kali mati atau barangka akan dapat terjadi luapan air.

Masyarakat yang tinggal di sekitar kali atau sungai untuk lebih tingkatkan kewaspadaan akan adanya bahaya banjir. Selain itu juga kepada motoris maupun nakhoda serta nelayan juga harus berhati-hati saat melaut dengan kondisi cuaca saat ini yang dapat terjadi angin kencang dan gelombang tinggi yang diakibatkan cuaca ektrim.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar