Pertemuan Koordinasi Melahirkan Kesepahaman Bersama Sukseskan BIAN di Malut

KBRN, Ternate : Setelah berlangsung selama dua hari Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor / Lintas Program Organisasi Profesi dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Provinsi Maluku Utara Jumat (13/5/2022) berakhir.

Pertemuan Koordinasi yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara bersama pendamping dari UNICEF ditutup Kasi Surveilens dan Imunisasi H. Ilham Sahuleka atas nama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara di metting room Safirna Hotel Ternate.

Kasi Surveilens dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara H. Ilham Sahuleka kepada rri.co.id usai penutupan mengatakan, setelah mengikuti kegiatan pertemuan koordinasi ini hendaknya para peserta dapat bersama-sama melakukan persiapan untuk melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Provinsi Maluku Utara di kabupaten dan kota.

”Peserta yang hadir dalam kegiatan ini setelah kembali dapat bersama-sama ikut meningkatkan cakupan imunisasi dasar lengkap sehingga dapat mencapai target pada pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Provinsi Maluku Utara,” ungkap H. Ilham Sahuleka.

Vaksinasi untuk anak-anak yang selama ini memang banyak yang terputus serta anak-anak yang tidak dapat imunisasi secara lengkap kata H. Ilham Sahuleka di Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dapat dilakukan imunisasi secara keseluruhan status imunisasinya.

Dengan demikian dukungan dari lintas sektor diantara Dinas Pendidikan, Kantor Kementerian Agama serta organisasi lainnya diharapkan dapat ikut menyampaikan kepada masyarakat terkait dengan pelaksanaan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), sehingga di lapangan pada saat pelaksanaan yang dilakukan oleh Puskesmas tidak mendapat kendala maupun masalah, sehingga secara pertahap pencapaian dapat tercapai.

Sementara Koordinator UNICEF Maluku Utara Irwan Mustafa mengatakan, kegiatan pertemuan koordinasi yang dibiayai oleh UNICEF telah memberikan kesamaan pemahaman dari semua elemen dalam mendukung pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022 di Provinsi Maluku Utara.

Disamping itu juga adanya dukungan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing sekaligus membantu dalam melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait dengan kegiatan BIAN kepada masyarakat agar dapat memahami untuk ikut dalam pelaksanaan imunisasi tersebut.

Pada kegiatan pertemuan koordinasi tersebut juga telah melahirkan kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh 42 peserta yang terdiri dari 30 peserta dari Kabupaten Kota asingmasing 3 orang yaitu dari Dinas Kesehatan, Dinas pendidikan dan Kantor Kementerian Agama serta 12 peserta dari Instansi Terkait, juga Organisasi Keagamaan dan Profesi serta dari Media Cetak dan Elektronik.

Pelaksanaan BIAN dilaksanakan di seluruh Provinsi di Indonesia yang dibagi dalam dua tahapan dimana Provinsi Maluku Utara masuk pada tahapan pertama yang dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni 2022 ini selama 30 hari kerja.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar